Ilustrasi Para Siswa Belajar di Sekolah. Sinar Mas Land Mendukung Pengembangan Pendidikan di BSD City dengan Menghadirkan Gerakan Sekolah Menyenangkan (Foto: Rumah123/Getty Images)

Sinar Mas Land berkomitmen dan terus berfokus dalam mendukung pengembangan pendidikan di BSD City dan sekitarnya. Salah satu upaya tersebut adalah dengan memfasilitasi program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM).

Tujuan dari GSM ini adalah mentransformasi pola pendidikan formal menjadi lebih kolaboratif, inklusif, dan menarik guna mendorong kemampuan diri siswa.

Awalnya Program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) diselenggarakan di wilayah Tangerang melalui Rumah Pintar BSD City sebagai salah satu bentuk pengembangan sentra. Aktivis pendidikan Muhammad Nur Rizal, ST., M.Eng, Ph.D. yang melakukan terobosan dengan menginisiasi program ini.

Baca juga: Sinar Mas Land dan Citramas Group Berkolaborasi Kembangkan Area Ekonomi Digital di Batam

Gerakan Sekolah Menyenangkan merumuskan konsep sekolah masa depan yaitu sekolah menyenangkan yang memberi ruang tumbuhnya keunikan potensi setiap anak manusia.

Caranya dengan membangun tiga aspek dasar keterampilan manusia untuk hidup di era digital yakni pertama, pola pikir yang terbuka. Kedua, kompetensi abad 21 berupa berpikir kritis, kreatif, komunikatif, kolaboratif dalam menemukan cara mengatasi masalah. Ketiga, karakter moral dan etos kerja.

Di BSD City, program ini telah melibatkan 1.000 tenaga pendidik dari 200 sekolah di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Ada lima batch workshop yang telah diselenggarakan.

Baca juga: Sinar Mas Land Fokus Kembangkan Kawasan Hunian Berbasis Teknologi

“Untuk membangun masyarakat yang madani di BSD City dan sekitarnya tentu membutuhkan pendidikan yang baik yang menyentuh segala tingkatan masyarakat,” ujar Direktur PT BSD Tbk, Syukur Lawigena seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima oleh Rumah123.com.

“Bagi kami, berkolaborasi dengan GSM merupakan salah satu upaya nyata untuk mendorong peningkatan pendidikan yang merata bagi masyarakat. Kami telah memulai program ini menjadi bagian dari CSR sejak tahun 2017 dan telah melibatkan berbagai pelaku pendidikan di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan,” lanjut Syukur.

“Setiap tahunnya program ini semakin melibatkan lebih banyak sekolah dan tenaga pendidik sehingga dampak yang diberikan akan semakin luas dan masif. Kami berharap kontribusi BSD City dalam pendidikan dapat mendorong peningkatan kehidupan masyarakat ke arah yang lebih baik untuk menciptakan kota yang madani,” kata Syukur lagi.

Baca juga: Fokus Kembangkan Smart Digital City, Sinar Mas Land Gelar Kompetisi Robotik

BSD City merupakan sebuah kota mandiri di Tangerang, Banten. Sinar Mas Land membangun dan mengembangkannya sejak 1984.

Kota mandiri ini memiliki luas lebih dari 6.000 hektare, luasnya separuh dari ibu kota Perancis, Paris. BSD City memiliki kawasan residensial, komersial, dan juga pusat bisnis.

Bagikan: 570 kali