Ilustrasi (Rumah123/Realestate.com.au)

Kenapa sih masih menunda beli properti? Kebanyakan orang akan menjawab kalau uang muka atau down payment (DP) dan juga cicilan masih menjadi hal yang memberatkan.

Jika kamu mau membeli hunian seharga Rp500 juta, maka kamu harus merogoh 15% untuk uang muka yaitu sebesar Rp75 juta. Lumayan besar kan?

Baca juga: Duh, Si Penjahat di Black Panther Ternyata Masih Tinggal sama Orang Tua

Meski banyak perusahaan pengembang yang memberikan kemudahan cicilan DP hingga dua tahun, tetapi cicilannya masih lumayan kan? Setidaknya kamu harus merogoh Rp1,5 juta per bulan untuk cicilan DP.

Masalah DP yang masih memberatkan ini terungkap dalam hasil Sentiment Survey H-1/2018 yang dilakukan oleh situs properti Rumah123 yang merupakan bagian dari REA Group Australia. Rumah123 melakukan survei yang melibatkan 1.922 responden yang tersebar di beberapa kota.

Baca juga: Desain Hunian yang Cocok untuk Orang Tua, Mau Lihat?

Menurut data yang diolah tim Business Intelligent Rumah123, terungkap kalau 43,24% responden yang mempunyai penghasilan di bawah Rp10 juta kesulitan membayarkan uang muka.

Hal yang sama juga terjadi pada mereka yang berpendapatan di atas Rp10 juta. Sebanyak 43,62% juga susah membayar DP.

Baca juga: Beli Kastil Prancis Modal Rp840 Ribu Doang? Bisa Kok, Mau Ga?

“DP masih menjadi masalah utama,” ujar Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung saat memaparkan hasil Sentiment Survey H-1/2018 di kantor Rumah123 di Jakarta pada Selasa (15/05/2018).

“Mereka yang memiliki penghasilan bulanan baik di bawah atau di atas Rp10 juta tetap kesulitan membayar DP,” lanjut Untung.

Baca juga: Mendesain Ulang Rumah Tua Menjadi Lebih Modern Minimalis, Bisa Kok!

Tidak mengherankan kalau masih banyak orang yang belum bisa memiliki rumah sendiri. Banyak dari mereka yang memang mengaku sudah punya rumah, tetapi hunian ini merupakan hasil warisan orang tua.

Dari hasil survey yang sama terungkap kalau 44,66% responden yang tinggal di Jakarta menyatakan kalau mereka tinggal di rumah warisan atau rumah orang tua. Sementara 33,89% responden yang berada di Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) juga mengungkapkan hal yang sama.

Baca juga: Kalau Bener Sayang Cucu Tuh Begini

Sebanyak 35,92% responden di Jakarta memilih mengontrak atau nge-kos. Sedangkan 23,09 responden di Bodetabek melakukan hal yang sama.

Hanya 19,42% responden di Jakarta yang mampu membeli rumah dengan biaya sendiri. Hal ini berbanding terbalik dengan persentase 43,02% responden di Bodetabek yang bisa membeli hunian dengan uang sendiri.

Kalau kamu termasuk yang mana? Tinggal di rumah warisan orang tua, ngontrak, atau sudah bisa beli rumah sendiri?

Bagikan: 933 kali