Tetesan air yang jatuh dari langit dapat jadi rezeki maupun bencana. Untuk itu tak ada salahnya untuk mengamalkan doa turun hujan berikut. 

doa turun hujan

Proses terjadinya hujan dapat menentukan potensi yang dibawanya ke Bumi. 

Namun tentu saja Allah sudah menjadikannya sebagai berkat yang wajib disyukuri oleh kita sebagai manusia.  

Kumpulan Doa Turun Hujan yang Diajarkan Nabi Muhammad

Caranya bisa dengan memanjatkan rasa bersyukur serta meminta ditenangkan cuaca buruk saat terjadi dengan doa-doa dan amalan yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad di zaman dahulu kala.

Doa Turun Hujan 

Di dalam Islam telah diatur dan diberikan petunjuk tentang berbagai hal yang terjadi di dunia, termasuk fenomena alam. 

Amalan doa turun hujan dapat dibaca untuk meminta agar diberikan juga rezeki dan berkah melimpah bersama tetesan air yang jatuh dari langit, serta dijauhkan dari mara bahaya yang mungkin datang. 

Layaknya yang diriwayatkan dalam hadis Bukhari nomor 1032 dari Ummul Mukminin, Aisyah radiallahu ‘anha berkata, “Nabi shallalhu ‘alaihi wa sallam ketika meliha turunnya hujan, beliau mengucap ‘allahumma shoyyiban nafi’an’.”

Doa Ketika Hujan Lebat

Pernah pada suatu saat, Nabi Muhammad memohon kepada Allah agar dapat menurunkan hujan ke Bumi. 

Namun yang turun justru malah hujan yang sangat lebat sehingga Nabi Muhammad kembali memanjatkan doa agar cuaca kembali cerah seperti sedia kala. 

Beliau pun memanjatkan: 

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahumma hawalaina wa laa ‘alaina, allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami ‒ bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR. Bukhari nomor 1014)

Syaikh Shalih As Sadlan menganjurkan agar doa ketika hujan turun lebat di atas dibaca supaya tidak sampai terjadi bencana. 

Doa Ketika Hujan Turun Disertai Angin Kencang

Tercatat dalam sebuah riwayat hadis Imam Muslim, di mana Nabi Muhammad memanjatkan doa kepada Allah pada saat angin kencang turut menyertai hujan sehingga ditakutkan membawa malapetaka.

Beliau berdoa: 

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Allahumma inni as aluka khairahaa wa khaira maa fiiha khaira maa ursilat bih, wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, serta kebaikan yang Engkau sertakan kirimkan bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, serta kejahatan yang Engkau krimkan bersamanya.”

Doa Turun Hujan yang Disertai Petir 

Memasuki musim penghujan di akhir tahun, fenomena alam El Nino dan La Nina yang kerap terjadi di negara tropis membuat petir jadi lebih sering muncul ketika hujan. 

Nabi Muhammad mengamalkan doa turun hujan yang disertai petir untuk meminta agar jangan sampai mendatangkan musibah. 

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

Subhanallazi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih

Artinya: “Masa Suci Allah yang dengan memuji-Nya, bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.”.

Doa Setelah Hujan Turun 

Berkah yang datang bersamaan dengan hujan ke Bumi patut disyukuri oleh semua makhluk hidup. 

Jadi jangan sampai lupa senantiasa memanjatkan puji syukur atas karunia yang Allah berikan dengan doa setelah hujan turun ini. 

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ

Muthirnaa bifadillahi wa rahmatihi

Artinya: “Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah Swt. dan rahmat-Nya.”

Itu dia tadi berbagai amalan doa turun hujan yang dapat kamu baca untuk meminta berkah serta dijauhkan dari malapetaka. 

Temukan berbagai informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaru di Pesona Asih Village!

Bagikan:
1024 kali