doa agar panjang umur

Inilah doa panjang umur yang bisa kamu hafalkan dan doakan kepada Allah SWT. Yuk, simak ulasan lengkapnya di artikel berikut ini.

Selain doa diberikan banyak rezeki, doa agar seseorang diberikan umur yang panjang merupakan harapan yang umum dilakukan.

Terutama ketika berulang tahun.

Seiring bertambahnya usia, kondisi tubuh manusia akan terus menurun akibat berbagai faktor.

Ditambah lagi dengan kondisi dunia yang sempat diterpa oleh pandemi Covid-19.

Kesehatan kini menjadi hal yang sangat penting untuk dijaga.

Selain dengan menjaga pola hidup sehat, kamu juga bisa mengamalkan doa panjang umur untuk diri sendiri serta orang lain.

Yuk, langsung saja kita simak bacaan lengkapnya di artikel berikut ini.

Doa Panjang Umur untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

Doa panjang umur

Dikutip dari buku Doa Dzikir Muslimah karangan Abu Ayyub El-Faruqi, berikut doa panjang umur untuk orang lain dan diri sendiri.

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma thawwil ‘umurana, wa shahhih ajsadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqanaa, wa ilal khairi qarribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya: “Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa Panjang Umur dan Mendapatkan Kebahagiaan

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

(Allahumma Thowwil ‘Umuurona, Wa Shohhih Ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiirun)

Artinya: “Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami,

dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa Panjang Umur dan Mudah Diberi Rezeki

Bacaan Doa panjang umur yang benar

Doa ini pernah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika mendoakan anak Ummu Sulaim yaitu Anas bin Malik RA, saat istrinya mengandung dengan doa:

اللَّهُمَّ أَكْثِرْ مَالَهُ وَوَلَدَهُ ، وَبَارِكْ لَهُ فِيمَا أَعْطَيْتَهُ

(Allahumma aktsir malahu wa waladahu wa barik fima a’thoithu)

Artinya: “Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, serta berkahilah apa yang engkau karuniakan padanya.” (HR Bukhari).

Doa ini bisa dibaca oleh suami atau calon bapak dari bayi yang dikandung istrinya. 

Namun jika doa ini ingin dibaca oleh ibu hamil, maka lafadz doanya bisa diubah menjadi berikut ini:

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي

(Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii.)

Artinya: “Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri.”

Doa ini juga bisa digabung dengan doa yang pernah dipanjatkan oleh Nabi Sulaiman AS, ketika meminta agar diberi rezeki yang banyak oleh Allah SWT.

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي ۖ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

(Qaala rabbigfir lii wa hab lii mulkal laa yambagii li`aḥadim mim ba’dii, innaka antal-wahhaab)

Artinya: “Ia berkata: ‘Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi’.”

Nah, itulah daftar doa panjang umur untuk diri sendiri dan orang lain yang bisa kamu amalkan kepada Allah SWT.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com dan 99.co untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Grand Teratai Sidoarjo.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.

Bagikan:
421 kali