Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Asisten rumah tangga mudik menjadi masalah klasik yang dihadapi oleh banyak ibu rumah tangga. Pekerjaan rumah menumpuk sementara pekerjaan kantor masih banyak.

Banyak asisten rumah tangga yang memilih mudik lebih awal untuk berlebaran di kampung halaman. Sebaliknya, sang nyonya rumah tangga kalau bekerja malah belum bisa mengambil cuti.

Baca juga: Bikin Gedung Tinggi dari Material Kayu? Bisa Banget Lho!

Tidak sedikit yang kebingungan saat asisten andalan harus pulang lebih awal, namun lain halnya dengan Fitri Rahmi (40 tahun). Ibu dua anak ini ditinggal asisten rumah tangga yang mudik.

Sementara dia dan suaminya memang tidak mudik karena orang tua dan mertua sama-sama berdomisili di Depok, Jawa Barat. Pasangan yang sama-sama pegawai negeri sipil ini bisa mengatur waktu agar pekerjaan rumah bisa terselesaikan.

Baca juga: Furnitur Perpaduan Desain Kontemporer dan Mesir Kuno, Mau Koleksi Ga?

Mereka juga melibatkan kedua anaknya yang sudah beranjak remaja untuk ikut membersihkan rumah. Kebetulan keduanya juga sudah memasuki masa liburan.

“Ya, situasional aja sih. Anak-anak juga dilibatkan, seru kok. Nggak ada treatment khusus tapi memang anak-anak dibagi porsi kerjaan yang relatif ringan buat mereka. Kayak lap-lap perabot. Ngosongin tempat sampah di kamar masing-masing,” ujarnya kepada Rumah123.

Baca juga: Sirkuit Terapung? Hati-hati, Nanti Mobil Balapnya Nyemplung!

Dia menyatakan belum memikirkan untuk mencari asisten pembantu rumah tangga temporer atau memanfaatkan jasa asisten rumah tangga online.

“Selama ini sih belum. Masih bisa ditangani kok. Rumah kita kan nggak gede-gede banget. Kerjaan yang paling peer cuma nyetrika aja sih,” katanya lagi.

Bagikan:
1095 kali