OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Dibuang Sayang, Dibikin Gini Aja Yuk!

22 Nopember 2023 · 2 min read Author: Ade Miranti

Foto: iStock Photo

Foto: Rumah123/iStock Photo

Manfaatkan benda bekas di sekitarmu. Selain bisa menghemat pengeluaran, juga bisa dijadikan beberapa barang berguna.

Semisal gantungan baju berbahan besi. Kalau barang ini sudah kamu ga gunakan lagi, jangan dibuang dulu. Gantungan baju besi begitu multifungsi.

Baca juga: Perkakas dari Barang Bekas

Kamu kudu siapkan tang, bisa juga tanpa menggunakan alat agar terbentuk benda sesuai yang kamu inginkan. Gantungan baju besi antara lain bisa dibuat menjadi tempat tisu roll, pot tanaman gantung, gantungan sabuk, penyangga smarthphone, gantungan jemur sepatu, tempat sampah, tempat gantung tutup panci dan masih banyak lagi.

Kertas koran bisa kamu jadikan wallpaper, pembersih kaca, dan pelapis barang pecah belah, juga sebgai penyerap air rembesan hujan di lantai.

Foto: iStock Photo

Foto: Rumah123/iStock Photo

Sikat gigi bekas dapat kamu manfaatkan untuk menyikat sela-sela lantai yang sulit dijangkau. Lalu, minyak goreng bekas, mampu mengurangi derit engsel pintu atau jendela. Menjadi pelumas untuk gembok yang berkarat, bisa juga pelicin rantai sepeda atau motor.

Botol bekas bermanfaat dijadikan pot untuk tanaman hidroponik, jebakan tikus, tempat menaruh ponsel yang sedang di-charge, tempat bumbu dapur, dan lampu gantung.

Semua benda tersebut kerap ditemukan di sekitaran rumah kita. Ketimbang menjadi limbah, lebih baik dibuat barang kerajinan. (Wit)

 


Tag: , , , ,