Jalan tol Kediri-Kertosono (1) Sumber : jnktollroad.com

Jadi bagian penting dari ruas Trans-Jawa, Jalan Tol Kediri-Kertosono akan menghubungkan bagian selatan Jawa Timur. Simak selengkapnya di sini!

Direktur Utama PT. Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) Arie Irianto optimis konstruksi Tol Kediri-Kertosono Seksi 1 dan 2 dapat dimulai Oktober 2022.

Namun, hal itu dapat terjadi apabila proses pembebasan lahan mulai dilakukan pada akhir tahun ini atau Desember 2021.

Hingga saat ini, JNK sendiri masih menunggu penetapan lokasi (penlok) oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

Bersama dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Lahan, pihaknya terus melakukan sosialisasi awal rencana pembangunan Tol Kediri-Kertosono Seksi 1 dan 2. 

Sosialisasi tersebut juga melibatkan sejumlah stakeholder terkait. 

Mulai dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab), DPRD Kabupaten, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Polres, dan Kejaksaan Negeri.

Telan Investasi Capai Rp3,9 Triliun

Jalan Tol Kediri-Kertosono Sumber : aviatren

Pembangunan Jalan Tol Kediri-Kertosono Seksi 1 dan 2 ini diperkirakan menelan investasi hingga Rp3,9 Triliun. 

Hal ini sesuai dengan addendum Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) tahun 2019. 

Jalan tol ini rencananya memiliki panjang sekitar 20,3 kilometer yang dilengkapi dengan satu persimpangan jalan Kedungsoko, yang menghubungkan Jalan Tol Ngawi-Kertosono. 

Tidak hanya itu, jalan tol Kertosono-Kediri ini juga dilengkapi dengan 2 interchange di Kabupaten Ngajuk dan Kabupaten Kediri. 

Adapun dua gerbang tol (GT) baru tersebut yaitu, GT Sugihwaras dan GT Kediri. 

"Jalan Tol Kediri-Kertosono Seksi 1 & 2 akan tersambung dengan empat seksi lainnya di Jalan Tol Ngawi-Kertosono yang telah beroperasi penuh sejak tahun 2018," ujar Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kediri (JNK) Arie Irianto. 

Jadi, total panjang Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri yang dikelola oleh PT JNK tersebut adalah sepanjang 108 kilometer. 

Arie juga menjelaskan bahwa jalan tol Kediri-Kertosono, juga akan menghubungkan pusat-pusat perekonomian di Jawa Timur bagian selatan. 

Harapannya, hal tersebut bisa mendukung konektivitas akses menuju Bandara Internasional Kediri yang akan rampung dalam waktu dekat. 

Daerah yang Dilewati Tol Kediri-Kertosono

Adapun daerah yang rencananya akan dilewati oleh Tol Kediri-Kertosono Seksi 1 dan 2 meliputi Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Kediri, serta 5 kecamatan dan 22 desa. 

Sayangnya, adanya pandemi Covid-19, proyek jalan tol ini masih dalam tahap penyesuaian. Kendati demikian, JNK dan PPK Lahan akan terus berupaya untuk dapat segera memulai proses pembebasan lahan setelah penlok diterima. 

Jangan lupa kunjungi artikel.rumah123.com untuk dapatkan artikel menarik lainnya seputar properti. 

Kamu juga bisa mencari properti yang sesuai kebutuhanmu seperti Tesla Residence hanya di www.rumah123.com.

Bagikan:
339 kali

Redaksi Rumah123.com

Alamat

Level 37 [email protected]
Jl. Casablanca Kav.88
Jakarta Selatan
Jakarta 12870
Indonesia