Masjid Bait Ur Rouf, Bangladesh (Rumah123/Dezeen)

Masjid Bait Ur Rouf ini memang memiliki eksterior dan interior unik dengan mengaplikasikan batu bata ekspos terakota. Eksterior masjid ini pun mirip dengan sejumlah bangunan rumah di sekitarnya.

Masjid ini memang berada di perkampungan padat penduduk di ibu kota Bangladesh, Dhaka. Masjid ini didirikan berkat dana sumbangan dan menghabiskan biaya yang tidak banyak.

Baca juga: Kejayaan Kesultanan Bengal Menginspirasi Desain Masjid di Bangladesh

Selain menjadi tempat beribadah, masjid ini berfungsi menjadi tempat berkumpulnya masyarakat sekitar saat untuk menggelar acara.

Arsitek senior asal Bangladesh, Marina Tabassum mendesain masjid ini. Tabassum adalah pendiri biro arsitek Marina Tabassum Architects pada 2005. Sebelumnya, menjadi co-founder biro arsitek Urbana pada 1995.

Baca juga: Keren Banget Lho Perpaduan Desain Masjid Sheikh Zayed

Desain masjid yang unik ini mengantarkannya menjadi pemenang penghargaan arsitektur bergengsi Aga Khan Award pada periode ke-13 untuk kurun waktu 2014-2016.

Masjid ini menjadi salah satu dari enam pemenang. Sebelumnya, ada 348 proyek dari 69 negara yang masuk menjadi nominasi.

Baca juga: Desain Masjid Ini Terinspirasi dari Rumah Nabi Muhammad SAW

Penghargaan Aga Khan Award ini digagas oleh Pangeran Shah Karim Al Hussaini atau Aga Khan IV pada 1977. Aga Khan merupakan konglomerat asal Inggris dengan kekayaan mencapai US 800 juta dollar (Rp 10,4 triliun).

Penghargaan ini ingin mengapresiasi konsep arsitektur yang bisa memenuhi kebutuhan dan aspirasi masyarakat Muslim untuk bidang desain kontemporer, perumahan, pembangunan dan pengembangan komunitas, restorasi bangunan, penggunaan dan konsevasi lahan, serta desain lanskap, dan pengembangan lingkungan.

Baca juga: Banyak Pohon Tumbuh di Dalam Masjid Ini

Penghargaaan ini diselenggarakan dalam durasi tiga tahun sekali. Pemenang akan mendapatkan penghargaan uang sebesar US 1 juta dollar (Rp 13 miliar).

Bagikan: 1706 kali