kos 2x1 meter- rumah123.com Ilustrasi Apartemen Sempit di Hong Kong. Pemerintah Kota Jakarta Pusat Menutup Kos Berukuran 2x1 Meter di Johar Baru dengan Alasan Tidak Manusiawi. Ukuran Kamar Kos Ini Mirip Hotel Kapsul di Jepang Atau Apartemen Peti Mati di Hong Kong (Foto: Rumah123/Getty Images)

Kamar kos berukuran 2x1 meter ini memang sempat viral di dunia maya. Pemerintah Kota Jakarta Pusat menutupnya lantaran dianggap tidak manusiawi.

Belakangan ini, kos-kosan sempit sempat viral di dunia maya dan juga melalui aplikasi percakapan. Ukuran kos atau sleep box ini memang minimalis hanya 2x1x0,9 meter. Ya, mirip dengan apartemen “peti mati” atau “rumah kandang” yang ada di Hong Kong, China atau hotel kapsul yang berada di Jepang.

Rumah kos dengan tipe kamar seperti ini ada di Johar Baru, Jakarta Pusat. Kamar disewakan dengan harga Rp300 ribu hingga Rp400 ribu per bulan.

Baca juga: Harga Properti Semakin Mahal, Warga Hong Kong Pilih Beli Hunian Berhantu

Situs berita online Detik.com melansir bahwa Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi melakukan inspeksi mendadak pada Senin (2/8/2019). Dia menyatakan bahwa kamar kos tersebut tidak layak huni alias tidak manusiawi.

“Ini katanya kos-kosan ala model Taiwan. Tapi Taiwan juga nggak begini. Ini kos-kosan tidak manusiawi. Di PTSP tidak ada izin pembangunan dan kita juga koordinasikan dengan Cipta Karya, pak lurah juga, camat, pak RW (Rukun Warga), karena tidak layak akan segera kita tutup,” ujar Irwandi.

PTSP merupakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DKI Jakarta. Cipta Karya adalah salah satu direktorat di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Penghuni Kos Tidak Bisa Duduk di Kamar

Irwadi mengatakan ukuran kamar kos ini hanya cukup untuk tidur ini dinilai tidak baik kalau dipakai terus menerus. Ukuran kos ini memang hanya bisa digunakan untuk berbaring atau tidur.

Detik.com mengutip pernyataan salah satu penghuni kos yang tidak mau disebutkan namanya. Penghuni berujar bahwa ukuran kamar yang paling murah yaitu Rp300 ribu itu menyulitkan penghuni untuk duduk.

Sementara kamar yang berharga sewa Rp400 ribu, penghuni masih bisa duduk tegak. Jadi bisa dibayangkan betapa kecilnya kamar kos tersebut.

Baca juga: Di Hong Kong Ada Apartemen Peti Mati, yang Ini “Kotak Sepatu”

Harga sewa kos yang hanya Rp300-400 ribu per bulan ini memang terbilang murah bila dibandingkan dengan kos lainnya. Apalagi kos tersebut berada di Jakarta Pusat.

Kalau melihat sejumlah situs sewa kos, rata-rata harga kos paling murah adalah Rp1 juta. Ya, wajar saja kalau kos 2x1 meter ini laku karena murah

Penghuni hanya perlu merogoh uang Rp300-400 ribu untuk dapat menempati satu kamar kos selama satu bulan. Pemilik kos menyediakan pendingin udara berkekuatan 2 PK di lorong kamar-kamar kos.

Baca juga: Harga Sewa Hunian Jakarta Lebih Mahal dari Hong Kong?

Kamar kos ini memang sempit. Penghuni hanya bisa duduk atau berbaring. Tidak ada jendela, meja, atau kursi layaknya kos pada umumnya.

Pemilik kos menyediakan fasilitas berupa kasur dan satu buah stop kontak. Kalau penghuni kos ingin menaruh barang ternyata masih bisa, meski pastinya sempit. Penghuni menggantung baju di dinding kamar dengan hanger atau paku.

Ada 60 Kamar Kos 2x1 Meter di Rumah Ini

Rumah kos ini terdiri dari tiga lantai. Kamar kos berada di lantai dua dan tiga. Secara keseluruhan, ada 60 kamar kos yang disediakan untuk pria dan wanita.

Penghuni yang membawa kendaraan bisa memarkirnya di garasi yang berada di lantai dasar. Ada biaya tambahan sebesar Rp100 ribu bagi penghuni yang memakai fasilitas parkir ini.

Pada lantai dua dan tiga, kamar kos bertumpuk seperti hotel kapsul. Alas tidur berupa material beton, sementara dinding berupa triplek.

Rumah kos ini terkesan gelap karena jendela hanya ada di ujung selasar. Setiap lantai kos memiliki fasilitas tiga buah kamar mandi yang terletak di ujung belakang lorong.

Baca juga: Di Hong Kong Ada Apartemen Seluas 46 Meter Persegi dengan Harga Rp5,1 Miliar!

Bagikan: 2697 kali