London, Inggris (Rumah123/iStockphoto)

Kenaikan harga rumah ternyata berdampak meningkatnya jumlah orang kaya baru. Semakin mahal rumah, orang yang dianggap tajir pun bertambah.

Saat ini, harga hunian di Inggris meningkat pesat. Inggris pun menjadi negara dengan jumlah miliarder mencapai 625 ribu orang. Jumlah ini naik 44 ribu orang dari 2016 lalu.

Baca juga: Tinggal di Wilayah Rawan Bencana? Perencanaan Kawasan Jadi Solusinya

Angka ini menjadi yang tertinggi. Artinya satu dari 79 orang Inggris berusia 21 tahun ke atas memiliki kekayaan minimal 1 juta pound (Rp17,5 miliar).

“Kenaikan harga hunian memang memiliki potensi untuk membuat orang menjadi miliarder terutama bagi mereka yang memiliki rumah dengan harga 1 juta pound (Rp17,5 miliar) atau lebih, tetapi untuknya kalau mereka membayar kredit pemilikan rumah,” ujar chief executive of wealth and investment Barclays, Dena Brumpton kepada Homes and Property.

Baca juga: Badai Besar Datang, Industri Properti Bakal Terancam?

Brumpton menyatakan kalau seorang miliarder bisa didefinisikan sebagai individu yang memiliki kekayaan bersih lebih dari 1 juta pound (Rp17,5 miliar).

Semua aset orang ini akan dihitung mulai dari uang tunai, tabungan, saham, dana investasi, pendapatan tetap, pensiun, dan properti.

Baca juga: Asyik, Hunian TOD di Bogor Selesai 2019

Ibu kota Inggris, London dan sekitarnya menjadi kawasan yang paling banyak dihuni miliarder dengan persentase 26,4 persen atau sekitar 165 ribu orang. Harga rata-rata rumah di London mencapai 482.000 pound (Rp8,4 miliar).

Kawasan lainnya yang menjadi lokasi tinggal orang kaya baru ini adalah South East dan North East. Kenaikan harga rumah di kawasan ini malah lebih tinggi dari London.

Baca juga: Gempa Meksiko Ingatkan Ancaman Bahaya Tinggal di Kawasan “Cincin Api”

Nah, harga properti selalu naik dari tahun ke tahun kan? Bisa dibayangkan kalau harga naik saja, jumlah harta pemilik secara tidak langsung akan bertambah.

Kamu masih belum memiliki rumah atau apartemen? Kamu belum berinvestasi properti? Nunggu apalagi sih? Ga mau ikutan jadi miliarder?

Bagikan: 1388 kali