Bus Tanpa Sopir yang Dirancang oleh EasyMile (Rumah123/Dezeen)

Perusahaan transportasi Jerman, Deutsche Bahn menguji coba bus tanpa sopir pada akhir Oktober 2017. Bus ini membawa penumpang dari stasiun kereta menuju pusat kota yang berjarak hanya 700 meter.

Bus ini diuji coba di sebuah kota kecil bernama Bad Birnbach di Jerman. Menurut media Jerman, DW untuk pertama kalinya, kendaraan tanpa sopir diintegrasikan dengan sistem transportasi publik.

Baca juga: Kapan Ya Punya Stasiun Kereta Keren Kayak Gini?

Korporasi start up asal Prancis EasyMile mengembangkan bus elektrik ini yang bernama EasyTren. EasyMile berdiri pada 2014 dan sudah memiliki kantor cabang di Singapura dan Denver, Amerika Serikat.

Bus EasyTren ini bisa berjalan sendiri dengan menggunakan piranti sensor, laser, dan sistem GPS (global positioning system).

Baca juga: Beda dengan Jakarta, Lahan Parkir Terbesar di Stasiun Kereta Ini Untuk Sepeda

“Kita baru saja mencoba sebuah kendaraan tanpa sopir ke  dalam sebuah era baru transportasi. Hari ini, Bad Birnbach dan Deutsche Ban telah menuliskan sedikit sejarah transportasi di Jerman,” ujar chief executive officer (CEO) Deutsche Bahn, Richard Lutz kepada DW.

Gubernur negara bagian Bavaria, Michael Fahmuller menyatakan keberadaan bus tanpa sopir ini penting bagi daerah pinggiran. Biasanya orang lebih suka bepergian menggunakan mobil karena jarangnya transportasi umum.

Baca juga: Luar Biasa, Fotografer Jerman Potret 500 Halte Bus Era Uni Soviet Selama 7 Tahun!

Deutsche Bahn berencana mengembangkan bus tanpa sopir ini lebih lanjut di masa depan. Rencananya, kendaraan akan dirancang seperti layanan jasa kendaraan pribadi yang bisa menjemput sesuai pesanan ke tujuan mereka.

Wah, keren juga ya kalau ada bus tanpa sopir. Nggak ada lagi deh cerita sopir bus yang ugal-ugalan dalam mengemudikan kendaraan.

Baca juga: Integrasi Bus, Kereta, dan Sepeda, Ini Baru Sistem Transportasi Oke!

Hmm, kalau ada bus seperti ini di Indonesia, sensor mobil harus super canggih karena jalanan di ibu kota kan lebih banyak diisi oleh motor, ojek pangkalan dan ojek online.

Bagikan: 1555 kali