Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Perusahaan pengembang asal Hong Kong, Emperor International Holdings mungkin akan mendapatkan predikat sebagai developer unit apartemen paling kecil di kawasan ini.

Perusahaan ini merilis proyek pembangunan unit apartemen yang hanya berukuran 5,7 meter persegi! Media Tiongkok, South China Morning Post melansir data dari Building Department di Hong Kong.

Baca juga: Gerai Piranti Teknologi yang Penuh Pepohonan, Wah Ini Baru Kekinian!

Proyek pembangunan apartemen ini berada di Yik Kam Street, kawasan Happy Valley. Bangunan ini terdiri dari 21 lantai.

Bayangkan saja kalau luas apartemen mungil yang hanya 5,7 meter persegi ini masih termaasuk dengan dapur dan kamar mandi! Bayangkan kalau dimensi unit ini kurang dari 2x3 meter lho! Sayangnya, harga unit apartemen ini tidak dilansir.

Baca juga: Siapa Bilang Ga Bisa Taruh Barang Antik di Teras?

Kalau kamu membayangkan kamar kos seluas 6 meter persegi mungkin masih cukup luas untuk menempatkan ranjang, lemari, serta meja dan kursi. Namun, apa jadinya kamu juga menempatkan dapur dan kamar mandi? Wow, betapa sempitnya!

“Ini mungkin apartemen paling kecil di Hong Kong lantaran memasukkan dapur dan kamar mandi,” ujar Head of Valuation and Consultancy Knight Franck, Thomas Lam.

Baca juga: Bos Airbnb Ternyata Jago Desain Furnitur Lho, Mau Lihat Hasil Karyanya?

Ukuran apartemen yang dirilis oleh Emperor International Holdings ini masih lebih mungil dibandingkan dengan unit apartemen berukuran kecil yang dikembangkan oleh developer Wisdom Gaining.

Sebelumnya, apartemen yang dibangun Wisdom Gaining diklaim yang paling kecil di Hong Kong dengan ukuran 46 meter persegi termasuk balkon.

Baca juga: Desainer Interior Ini Dapatkan Ide dari Bertualang ke Alam Liar, Mau Ikut?

Harganya bikin geleng-geleng kepala yaitu mencapai US 20.000 dollar Hong Kong (Rp34,2 juta) per meter persegi atau US 3 juta dollar Hong Kong (Rp5,1 miliar) per unit secara rata-rata.

By the way, ada rekor pembelian untuk apartemen mini di Hong Kong yang terjadi pada 2016 lalu. Ada orang yang membeli apartemen One Prestige yang dikembangkan developer Henderson Land di kawasan North Point. Apartemen dengan ukuran 49 meter persegi dibeli dengan harga Rp6,6 miliar!

Baca juga: Harga Apartemen Semakin Tidak Terjangkau, Developer Hong Kong Bangun Unit Mini

Untuk kamu generasi milenial yang belum punya rumah, pernah membayangkan kalau kamu harus membeli hunian dengan luas hanya 49 meter persegi tetapi harus merogoh uang Rp6,6 miliar?

Padahal dengan harga yang sama, kamu bisa mendapatkan apartemen mewah tipe 3 bedroom di kawasan elit di Jakarta atau rumah mewah dua lantai dengan 4-5 kamar tidur. Jadi masih menunda beli hunian?

Bagikan: 2147 kali