Apartemen yang Didesain oleh Elie Metni (Rumah123/Curbed)

Udah gak zamannya punya rumah luas. Trennya sekarang tuh apartemen mungil. Gak cuma di Indonesia kok, di beberapa negara lain juga begitu. Biasanya, rumah jangkung berukuran mungil seperti ini disebut apartemen mikro.

Di Indonesia, apartemen terkecil biasanya tipe studio dengan ukuran sekitar 20-22 meter persegi. Meski ada juga yang membuat ukuran 18 meter persegi. Eh, malah ada yang berukuran 15 meter persegi? Wah, ini bukan apartemen kali ya, mungkin lebih mirip kamar kos.

Baca juga: Apartemen Mungil Ini Didesain untuk 2 Penghuni dan 51 Kucing!

Arsitek Elie Metni dan timnya merancang ulang sebuah apartemen mikro di ibu kota Lebanon, Beirut. Mereka menyebutnya apartemen shoe box alias “kotak sepatu”.

Bentuknya memanjang seperti kotak sepatu namun berukuran 15 meter persegi. Metni dan tim mendesain apartemen ini agar bisa mengakodomasi kebutuhan penghuni.

Baca juga: Mau Beli Rumah Mungil Seharga Rp 2,5 Miliar?

Supaya apartemen ini terlihat lega, arsitek mengaplikasikan cat putih pada dinding dan langit-langit. Selain itu, arsitek memasang keramik putih pada lantai dan sebagian dinding.

Kitchen set juga berwarna putih. Hasilnya, seluruh ruangan terlihat selaras, putih bersih, lega, dan terang.

Baca juga: Kalau Udah Punya Rumah, Mau Dibikin Model Pipa Beton Juga Oke Aja!

Apartemen ini juga terang benderang karena jendela berukuran besar. Warna putih pada seluruh interior ruangan dan jendela besar menjadikan ruangan semakin terang.

Sementara untuk penyimpanan, Metni dan tim membuat custom furniture sehingga pakaian dan lainnya bisa disimpan. Arsitek juga bisa membuat meja yang dapat digunakan untuk bekerja dan makan.

Baca juga: Mau Hidup Ekstra Irit, Keluarga 3 Anak Ini Pilih Tinggal di Rumah Sempit

Bayangkan kalau apartemen kecil seperti ini masih bisa menampung dapur, kamar mandi, dan juga bagian mesin cuci. Wow, luar biasa kan? Apartemen kecil ini memang pas banget kan buat kaum milenial.

Nah, kalau apartemen kamu juga berukuran kecil, coba deh untuk mendesain ulang seperti apartemen mikro ini. Nggak ada salahnya untuk meniru kok.

Baca juga: Nih, Rumah Mikro Ala London yang Bisa Jadi Solusi Untuk Milenial Indonesia

Apartemen yang Didesain oleh Elie Metni (Rumah123/Curbed)
Bagikan: 1258 kali