ibu kota baru- rumah123.com Pantai di Kalimantan Timur. Ada Sejumlah Destinasi Wisata Alam yang Menarik di Calon Ibu Kota Baru Indonesia. Destinasi Wisata Ini Berada di Balikpapan (Foto: Rumah123/Getty Images)

Indonesia akan memiliki ibu kota baru pada 2025 mendatang. Obyek wisata menarik apa yang ada di ibu kota baru Indonesia ini ya?

Presiden Joko Widodo sudah mengumumkan bahwa ibu kota akan pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur pada Senin (26/8/2019). Lokasi ibu kota baru ini berada di dua kabupaten yaitu Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Lokasi ibu kota akan dekat dengan Balikpapan, kota industri utama di Kalimantan Timur. Lokasi ibu kota juga bisa diakses dengan jalan tol dari ibu kota Kalimantan Timur, Samarinda.

Baca juga: Mengintip Peluang Bisnis Sewa Hunian di Ibu Kota Baru

Pemerintah baru akan menyelesaikan masterplan ibu kota pada 2020 mendatang. Setelah itu, pembangunan akan dimulai.

Rencananya, ibu kota baru akan selesai pada 2025 mendatang. Seluruh lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif, kepolisian, hingga tentara akan pindah. Mungkin kamu tertarik pindah juga?

Sebelum memutuskan untuk pindah kota, yuk lihat dulu ada obyek wisata apa di ibu kota baru. Ada sejumlah wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

Berwisata Alam di Kalimantan Timur

Bagi kamu yang menyenangi wisata alam, maka Kalimantan Timur menjadi pilihan. Indonesia memang memiliki pemandangan alam yang luar biasa.

Situs Tripadvisor.co.id memaparkan sejumlah destinasi wisata alam di calon ibu kota baru Indonesia. Lokasinya masih berdekatan dengan Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Pertama, Wisata Alam Bukit Bangkirai. Destinasi wisata ini berada di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara. Bukit Bangkirai bisa dicapai dari Balikpapan dengan menggunakan kendaraan selama 1,5 jam.

Baca juga: Ibu Kota Baru Diumumkan, Developer Langsung Pasarkan Properti di Kalimantan Timur

Kedua, Sun Bear Education and Conservation Center. Pusat Beruang Madu ini berjarak sekitar 23 kilometer dari Balikpapan. Pada 2002, Beruang Madu diperkenalkan menjadi maskot Balikpapan. Pemerintah daerah bekerja sama dengan sejumlah lembaga untuk membangun pusat pendidikan.

Ketiga, Pantai Lamaru. Pantai ini menjadi salah satu pantai yang ada di Balikpapan. Kawasan ini dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

Keempat, Mangrove Center Graha Indah. Kawasan hutan bakau ini memang unik lantaran tidak jauh dari sebuah perumahan di Balikpapan. Hutan ini dapat dijangkau dengan mudah dari pusat kota dengan menggunakan motor atau mobil.

Baca juga: Berapa Sih Harga Tanah di Ibu Kota Baru, Kutai Kartanegara?

Kelima, Kampung di Atas Air. Mau melihat suasana kehidupan masyarakat Kalimantan yang tinggal di tepi sungai, nah kamu bisa melihatnya dengan mendatangi Kampung di Atas Air di Balikpapan. Banyak yang menyatakan kalau kawasan ini Instagramable lho.

Keenam, Pantai Benua Putra. Balikpapan berada di tepi laut, jadi jangan heran kalau sejumlah destinasi wisata berada di tepi pantai. Pantai ini berada di Jalan Jenderal Sudirman, salah satu jalan utama di Balikpapan.

Ketujuh, Pantai Kemala. Ingin menikmati suasana pantai sambil makan dan minum? Pantai Kemala menjadi tempatnya. Pantai ini tidak jauh dari Rumah Sakit Bhayangkara Balikpapan.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Berapa Harga Tanah di Ibu Kota Baru, Penajam Paser Utara

Bagikan: 2237 kali