Taman Kanak-kanak yang Didesain oleh Masahiko Fujimori Architects Office (Rumah123/Dezeen)

Fasad bangunan taman kanak-kanak (TK) ini memang menarik. Sejumlah jendela warna warni seperti keluar dari bangunan. TK ini berada di Sendai, ibu kota prefektur (provinsi) Miyagi, Jepang.

Biro arsitek Masahiko Fujimori Architects Office mendesain bangunan ini. Firma ini berkantor pusat di ibu kota Jepang, Tokyo. Fujimori menjadi founder dari firma ini.

Baca juga: Yuk, Bikin Taman dalam Rumah Biar Suasana Semakin Sejuk

TK Morinoie ini didesain untuk memenuhi kebutuhan penduduk lokal. Banyak keluarga baru di kota ini yang memiliki anak kecil.

Bangunan sekolah ini terdiri dari empat lantai. Sebelumnya, bangunan ini sempat kosong usai gempa yang melanda Jepang pada 2011 lalu.

Baca juga: Tempat Bermain Anak yang Asyik dan Bisa Bikin Happy, Main Ke Sini Yuk!

“Kota Sendai adalah kawasan yang dipengaruhi oleh proyek perubahan wilayah. Kawasan ini diharapkan akan terus berkembang dan jumlah penduduk bertambah,” ujar Fujimori seperti dikutip oleh laman arsitektur dan desain Dezeen.

“Dengan kondisi memiliki pemandangan yang bagus, kami mendesain bangunan TK dengan gaya urban yang secara efektif bisa mengakomodasi pertumbuhan jumlah anak, sekaligus merangsang rasa ingin tahu, kreativitas, dan koneksi dengan komunitas lokal,” lanjut Fujimori.

Baca juga: Ga Usah Bingung Kalau Mau Bikin Kantor Mungil yang Kekinian dan Fungsional

Masahiko Fujimori Architects Office mendesain jendela yang unik ini sebagai cara untuk membuat ruang tambahan di dalam ruangan. Arsitek juga merancang bagian dalam interior dengan warna terang sehingga anak-anak bisa berkumpul dan bermain diterangi cahaya alami matahari.

Jendela berbentuk rumah ini terinspirasi dari gambar sederhana yang dilakukan anak-anak. Fujimori berharap kalau desain ini bisa membuat anak-anak bahagia dan juga memberikan energi ceria ala anak-anak kepada kawasan sekitar.

Baca juga: Akses Pejalan Kaki dan Sepeda yang Penuh Cermin, Wah Bisa Ngaca Melulu Nih

Pada bagian interior, Fujimori mendesain ruangan lebih terbuka. Lantai mengaplikasikan coklat muda, sementara bagian dinding ada aplikasi kayu yang membuat ruangan terkesan hangat.

Bagian atap bangunan difungsikan menjadi area bermain outdoor dan juga taman. Anak-anak bisa bermain di sini sekaligus menanam tumbuhan.

Baca juga: Kantor Masa Depan yang Modern, Ramah Lingkungan, dan Punya Akses Publik

Wah, keren ya desain taman kanak-kanak ini. Bangunan sekolah dapat didesain untuk memenuhi kebutuhan penggunanya yang masih kecil.

Hmm, kalau di Indonesia ada nggak sih desain TK yang kekinian dan memang diperuntukkan untuk kids jaman now?

Baca juga: Ruang Publik Ini Didesain Atasi Cuaca Dingin, Nah Ini Baru Keren

Taman Kanak-kanak yang Didesain oleh Masahiko Fujimori Architects Office (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 745 kali