Tomohiro Hata Architect and Associates Mendesain Sebuah Rumah yang Merespon Arah Angin, Sinar Matahari, dan Keberadaan Pohon (Foto: Rumah123/Designboom)

Rumah ini berada di kawasan padat penduduk. Namun, arsitek mendesain rumah ini menyelaraskan dengan alam dan juga topografi pegunungan sekitarnya.

Designboom melansir bahwa biro arsitek asal Jepang, Tomohiro Hata Architect and Associates mendesain rumah seperti tumpukan lempengan beton. Rumah ini berada di Ikeda, prefektur (provinsi) Osaka, Jepang.

Sebenarnya, Ikeda hanya sebuah kota kecil berpenduduk 103.000 jiwa. Namun, lokasi rumah ini memang berada di kawasan padat penduduk.

Baca juga: Bangunan Baru Memanfaatkan Material Lama, Hemat Listrik Juga Lho

Tomohiro Hata Architect and Associates menyatakan konsep desain rumah ini muncul dari asumsi kalau lokasi ini merupakan area yang subur karena dikelilingi oleh pegunungan.

Arsitek menciptakan topografi atau lanskap baru dengan menciptakan bangunan dengan konsep beton yang disusun. Rumah bernama Ground House ini juga merespon arah angin, arah sinar matahari, dan juga lokasi keberadaan pohon.

Alhasil, rumah ini seperti terbuka. Arsitek menggunakan material kaca pada sekeliling rumah ketimbang dinding beton yang masif.

Baca juga:  Wow, Ada Hutan Belantara dalam Rumah

Bagian tengah rumah seolah terbuka. Tomohiro Hata Architect and Associates menempatkan tangga dengan berbagai desain. Sejumlah tiang dengan beragam posisi juga ada di bagian tengah rumah.

Interior rumah lebih terasa berbeda. Arsitek memakai material kayu berwarna terang pada lantai, dinding, dan plafon.

Tomohiro Hata Architect and Associates tidak lupa untuk menempatkan sejumlah taman pada setiap lantai. Bahkan, ada taman pada bagian atap rumah.

Baca juga:  Beneran Lho, Rumah Pantai ini Didesain Tahan Angin Topan dan Badai!

Arsitek Mendesain Rumah Terbuka dengan Memasang Material Kaca Dibandingkan Memasang Dinding Beton atau Bata (Foto: Rumah123/Designboom)
Bagikan: 732 kali