Desain Rumah- Rumah123.com Biro Arsitek Asal Austria, Precht Mendesain Rumah Pohon Modular untuk Perusahaan Start Up Rumah, Baumbau (Foto: Rumah123/Dezeen)

Konsep desain rumah pohon modular ini memang unik. Bentuknya mirip batang pohon dengan jendela besar yang mirip dengan karakter satu mata dalam film Minions.

Biro arsitek asal Austria, Precht mendesain rumah pohon modular. Precht merupakan firma milik suami istri Chris Precht dan Fei Tang Precht. Sebelumnya, mereka memiliki biro arsitek di China.

Precht mendesain rumah pohon ini untuk perusahaan start up khusus rumah kecil asal Austria, Baumbau. Rumah pohon ini terbuat dari material kayu. Eksterior luarnya mirip daun sehingga bisa menyatu dengan hutan.

Baca juga: Bukti Mendesain Rumah Tanpa Menebang Pohon

Desain Rumah- Rumah123.com Biro Arsitek Terinspirasi Dari Karakter Animasi Minions dalam Film Despicable Me dan Juga Nama Tokoh Tayangan Televisi Edukasi Sesame Street (Foto: Rumah123/Dezeen)

Precht menamakan rumah pohon modular ini dengan nama Bert. Rumah pohon ini berdimensi lingkarang, bentuknya seperti pipa. Bentuk ini memungkinkan disusun alias modular.

Rumah pohon ini memiliki dapur, ruang duduk atau ruang tamu, kamar tidur, dan kamar mandi. Arsitek mendesainnya dengan konsep terbuka.

Hunian ini dapat digunakan untuk rumah peristirahatan. Solar panel untuk listrik bisa dipasang pada bagian atap. Tidak ketinggalan, ada toilet pada bagian bawah dengan sistem kompos untuk mengurai kotoran.

Baca juga: Rumah di Tengah Pepohonan dan Kicauan Burung

Desain Rumah- Rumah123.com Arsitek Merancang Desain Interior Rumah Pohon Ini Dengan Warna Gelap, Meski Begitu Hunian Ini Terlihat Nyaman (Foto: Rumah123/Dezeen)

Desain interior dirancang dengan warna gelap, namun tetap nyaman. Ada jendela besar dan balkon seperti mata karakter kartun Minions. Jendela besar ini didesain agar penghuni bisa menikmati pemandangan alam.

“Kami menyadari sepenuhnya kalau arsitektur itu serius dan memerlukan keahlian mendalam terkait kebudayaan dan tradisi. Anda bisa melihat kalau kami para arsitek mengambil referensi proyek kami dari seni, filosofi, sastra, dan alam,” ujar co-founder Precht, Chris Precht seperti dikutip situs desain Dezeen.

“Untuk proyek ini, kamu mengambil inspirasi dari seni sebagai referensi. Bukan dari Michaelangelo atau Dali. Kami justru mengambil karakter kartun dari Sesame Street atau Minions,” lanjut Precht.

Baca juga: Desain Rumah yang Merespon Angin, Matahari, dan Pohon

Desain Rumah- Rumah123.com Hunian Ini Memiliki Fasilitas Lengkap Seperti Kamar Tidur, Ruang Makan, Kamar Mandi, Ruang Duduk. Selain Itu, Ada Solar Panel untuk Listrik dan Juga Sistem Toilet Ramah Lingkungan (Foto: Rumah123/Dezeen)

Minions adalah tokoh kartun berwarna kuning yang memakai kacamata dalam film Despicable Me. Sementara Bert adalah karakter boneka dari tayangan televisi edukasi Sesame Street.

Precht memulai proses design dengan membayangkan anak saat menggambar rumah pohon. “Sebagai arsitek, tidak peduli apakah muda atau tua, kita memiliki sisi anak kecil saat melihat dunia dengan rasa ingin bermain dan ingin tahu. Hal yang sama melahirkan Bert,” kata co-founder Fei Tang Precht.

Biro arsitek mendesain rumah pohon modular ini untuk hotel atau rumah keluarga di kota. Meski bernama rumah pohon, tetapi arsitek tidak menutup kemungkinan menggunakan material baja. Rumah ini akan diluncurkan secara resmi pada 2020.

Baca juga: Ternyata, Rumah Pohon Paling Instagramable Itu Ada di Bali Lho

Desain Rumah- Rumah123.com Sistem Rumah Pohon Ini Ada Modular. Jadi Rumah Dapat Disusun Menjadi Lebih Banyak. Rumah Ini Akan Mulai Diperkenalkan dan Dipasarkan Pada 2020 (Foto: Rumh123/Dezeen)
Bagikan: 1960 kali