Desain Rumah- Rumah123.com Biro Arsitek Asal Vietnam, K59atelier Mendesain Sebuah Rumah dengan Atap yang Terinspirasi dari Rumah Tradisional Vietnam (Foto: Rumah123/Dezeen)

Desain rumah ini mengambil inspirasi dari rumah tradisional Vietnam. Arsitek mengambil elemen dalam merancang desain rumah dalam mengatasi iklim tropis, musim hujan dan musim kemarau.

Dezeen melansir bahwa biro arsitek K59atelier merancang sebuah rumah di kawasan sub urban Ho Chi Minh City, Vietnam. Kota ini merupakan salah satu kota terbesar di Vietnam.

Arsitek memasang atap berupa genteng dari material terakota. Atap ini mengambil inspirasi dari rumah tradisional Vietnam.

Baca juga: Sembilan Rancangan Terpilih Jadi Pemenang Kompetisi Desain Rumah di Bulan!

Desain Rumah- Rumah123.com Arsitek Merancang Hunian Ini Bisa Mengatasi Iklim Tropis, Musim Hujan dan Musim Kemarau (Foto: Rumah123/Dezeen)

Atap rumah ini memang didesain berukuran besar terutama pada bagian depan. Bagian depan atap ini memiliki balkon pada lantai pertama dan kedua.

K59atelier ingin rumah bisa tahan dalam menghadapi musim hujan dan musim kemarau. Vietnam merupakan negara tropis.

Rumah memiliki bukaan cukup besar pada bagian depan. Pada bagian balkon, ada bukaan yang menjadi akses sinar matahari dan sirkulasi udara.

Baca juga: Desain Rumah Ini Mirip Gambar Anak Kecil, Keren Sekaligus Simpel Kan?

Desain Rumah- Rumah123.com Arsitek Mendesain Salah Satu Bagian Rumah Memiliki Langit-Langit yang Tinggi Sehingga Sirkulasi Udara Bagus (Foto: Rumah123/Dezeen)

Arsitek juga mendesain langit-langit rumah cukup tinggi. Rumah yang ditempati tiga generasi mulai dari kakek nenek, anak, dan cucu ini bisa menjadi lebih sejuk.

Rumah ini dirancang dengan banyak bukaan. Ada sejumlah pintu dan jendela yang dapat dibuka sehingga udara luar bisa masuk.

Hunian ini terlihat terang dengan sejumlah bukaan. Apalagi arsitek juga mengaplikasikan cat warna putih pada dinding dan juga lantai. Sementara plafon memakai kayu.

Baca juga: Gak Sembarangan, Nih Desain Rumah Khusus untuk Pemilik Kucing

Desain Rumah- Rumah123.com K59atelier Juga Memasang Jendela dan Pintu yang Dapat Dibuka Sehingga Sinar Matahari Bisa Masuk Leluasa dan Sirkulasi Udara Juga Bagus (Foto: Rumah123/Dezeen)

Salah satu tambahan lainnya, arsitek memasang kipas angin pada salah satu ruangan terbuka. Hal ini bisa menyiasati teriknya cuaca saat musim kemarau.

Sebenarnya, rumah ini terbagi dalam dua bagian. Salah satu bagian terbuka, sedangkan satu bagian lainnya tertutup. Pada bagian tertutup, ada dua kamar tidur, kamar mandi, ruang kerja, dan ruang beribadah.

Pada bagian terbuka, ada void besar dari lantai dasar hingga lantai dua. Bagian ini juga memiliki dua kamar tidur, dapur, dan ruang makan.

Baca juga: Desain Rumah yang Merespon Angin, Matahari, dan Pohon

Desain Rumah- Rumah123.com Hunian Ini Memiliki Dua Balkon yang Berada di Lantai Satu dan Dua. Balkon Juga Menjadi Akses Sinar Matahari dan Udara Masuk ke Dalam Rumah (Foto: Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 1247 kali