tata kota

Waduh, ternyata Jakarta menjadi salah satu kota dengan tata kota terburuk di dunia. Sejumlah kota besar lainnya juga masuk daftar, kenapa ya?

Kabar mengejutkan datang dari Jakarta yang "berhasil" menduduki peringkat pertama sebagai kota dengan tata kota terburuk di dunia.

Laporan negara dengan tata kota terburuk di dunia ini dikeluarkan oleh sebuah platform arsitektur bernama Rethinking The Future.

Dari 10 daftar negara yang memiliki tata kota terburuk, DKI Jakarta berada di urutan pertama, hadeuh bikin syok ya buat warganya.

Mengutip dari laman berita online detik.com, Jakarta dinilai memiliki perencanaan infrastruktur yang "cacat".

Ibu kota dikatakan sebagai tempat dengan tata kota buruk. Penyebabnya, ruang hijau terbuka di Jakarta dinilai kurang memadai.

Selain itu, masalah kemacetan lalu lintas yang ekstrem, dan perluasan kota yang tidak terencana, juga jadi pemicu rapor merah tata kota Jakarta.

Negara dengan Tata Kota Terburuk di Dunia Lainnya

tata kota

Ternyata,  ada banyak kota-kota besar di dunia yang dianggap memiliki tata kota buruk. Berikut ini beberapa kota di antaranya:

1. Dubai (Uni Emirat Arab)

Wilayah kaya di Uni Emirat Arab ini masuk "daftar merah" kota dengan tata kota terburuk di dunia bukan karena kurangnya fasilitas.

Dubai berada di peringkat ke-2 sebagai tata kota yang buruk dikarenakan berbagai fasilitas dan gedung tinggi dibangun tanpa mempertimbangkan aspek kepentingan pejalan kaki.

2. Brasilia (Brasil)

Diperingkat ketiga ada Kota Brasilia yang dianggap terlalu banyak desain dalam rancangan tata kotanya.

Tata ruang kotanya memang terinspirasi dari arsitektur modern. Tetapi, sayangnya orang-orang yang tinggal di kota tersebut tidak merasa terkoneksi.

3. Atlanta (Georgia, AS)

Kota di Amerika Serikat ini ternyata berada di peringkat ke-4 dalam daftar kota dengan tata kota terburuk di dunia.

Hal itu dipicu permasalahan kemacetan lalu lintas yang telah dialami sejak tahun 1980-an. Tidak jauh beda dengan Jakarta ya.

4. Sao Paulo (Brasil)

Dalam laporan tersebut, Sao Paulo disebut sebagai korban dari perencanaan kota yang tidak merata.

Untuk diketahui, Sao Paulo beralih dari lingkungan perkotaan kecil ke kota metropolitan seluas 3.000 mil persegi dengan pembangunan ekonomi yang timpang.

Inilah sebagian dari 10 daftar kota yang memiliki tata ruang terburuk di dunia, ternyata masih banyak lagi.

Rumah123.com juga pernah menayangkan artikel mengenai kota ternyaman di Indonesia, pilihan tempat tinggal yang menyenangkan.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Citra Sentul Raya.

Bagikan:
314 kali