Milenial sempat dinilai tidak bisa memiliki rumah karena gaya hidup yang boros, dan harga properti yang terus naik. Nyatanya, stereotype tersebut bisa dipatahkan berkat adanya KPR Milenial.

Harga rumah yang tak masuk akal membuat milenial kesulitan membeli rumah

kpr milenial - rumah123.com

Dilansir dari survei yang diinisiasi oleh BBC.com, banyak milenial yang ingin membeli rumah sendiri. Namun, mahalnya uang muka, besarnya cicilan, durasi cicilan dan jauhnya perumahan yang terjangkau dari tempat kerja menjadi alasan yang paling banyak disebutkan sebagai alasan kenapa mereka tak kunjung membeli rumah. Untungnya, saat ini pemerintah sedang merencanakan KPR milenial, yang menerbitkan harapan bagi anak-anak muda yang memimpikan rumah pribadi.

Baca juga: Serba-Serbi BI Checking: Pengertian, Fungsi, Hingga Langkah Mengajukannya

Rencana KPR Milenial dari pemerintah

kpr milenial - rumah123.com

Pada akhir 2018 lalu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia (PUPR) Basuki Hadimuljono, menyatakan bahwa pemerintah kini tengah menyiapkan skema khusus untuk pembangunan rumah bagi kaum milenial.

Dalam skema tersebut, uang muka yang dikenakan nantinya sangat rendah, bahkan bisa hingga satu persen saja. Bunganya pun direncanakan lebih rendah dari lima persen. Selain itu, tidak ada syarat maupun pembatasan besaran gaji untuk mendapatkan pinjaman milenial.

KPR Milenial berbeda dengan KPR subsidi

kpr milenial - rumah123.com

Sebenarnya, saat ini pemerintah sudah menjalankan program KPR subsidi melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). FLPP ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah mulai dari Rp 4 juta - Rp 7 juta. Mereka yang gajinya di atas angka tersebut tidak dapat menikmati program FLPP.

Namun, masih ada segelintir orang dengan penghasilan di atas Rp 7 juta yang masih hidup serba kurang dan mau memiliki rumah. Untuk itu, program KPR milenial bisa diakses oleh mereka yang pendapatannya di atas Rp 7 juta. Kabar baiknya lagi, bukan hanya bank BUMN yang bisa memberikan pembiayaan untuk program ini, melainkan juga bank swasta.

Baca juga: Buat yang Mau Kredit Rumah, Sudah Tahu Belum Cara & Syarat Pengajuan KPR?

Bank dengan layanan KPR milenial

kpr milenial - rumah123.com Sumber: republika

Meskipun belum ada ketentuan dan peraturan pasti mengenai KPR milenial, sejumlah bank mulai menyalurkan dana untuk membiayai KPR yang ditujukan kepada anak-anak muda tersebut. Misalnya Bank Tabungan Negara (BTN) dengan KPR Gaess, Bank Syariah Bukopin dengan KPR iB Baitii, dan Bank Mandiri dengan Mandiri KPR Milenial.

Sambil menunggu hasil rancangan KPR untuk milenial dari pemerintah bersama Otoritas Jasa Keuangan dan Kementerian Keuangan, kamu bisa mengecek bank-bank yang mulai memberikan layanan KPR untuk milenial. Umumnya, terdapat perbedaan dalam tenor, bunga, dan besaran uang muka dibandingkan dengan KPR konvensional. Untuk itu, jangan putus harapan ya, milenials!

Bagikan: 620 kali