Penumpang berjalan di peron Stasiun Cikarang, Jawa Barat, pada Rabu (11/10/2017). Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto

Mulai Minggu (8/10/2017), Kereta Rel Listrik (KRL) dari Stasiun Cikarang, Kabupaten Bekasi, mulai resmi beroperasi. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) semakin memperluas wilayah pelayanannya. Pengoperasian ini setelah persiapan yang telah dilakukan bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero), serta sejumlah uji coba.

“Kami telah siap sepenuhnya untuk melayani para pengguna KRL sampai ke Cikarang,” kata Direktur Utama PT KCI, MN Fadhila, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (6/10/2017).

Baca juga: Ke Cikarang KRL Terus Melaju, Harga Tanah di Sekitarnya pun Kian Merangkak

Fadhila menjelaskan, setelah KRL rute Cikarang dioperasikan, akan ada 32 perjalanan atau 16 perjalanan pergi-pulang yang melayani para pengguna di lintas Cikarang-Jakarta Kota. Ada pemberhentian di dua stasiun baru, yaitu Stasiun Bekasi Timur dan Cibitung. Stasiun Cikarang dan Stasiun Tambun hanya dilakukan revitalisasi.

Dari Cikarang ke Jakara Kota makan waktu sekitar 90 menit, sedangkan ke Bekasi sekitar 20 menit. Jadwal KRL paling awal dari Cikarang ke Jakarta Kota mulai pukul 04.45 WIB. Kereta terakhir dijadwalkan berangkat pukul 19.32 WIB untuk tujuan Jakarta Kota, dan pukul 20.52 untuk tujuan Bekasi. Pemberangkatan dari Bekasi untuk Jakarta Kota terjadwal hingga pukul 22.15.

Baca juga: Mau Rumah Murah yang Bisa Diakses Via KRL Jakarta Kota-Cikarang?

Untuk arah sebaliknya, dari Stasiun Jakarta Kota, kereta pertama berangkat menuju Cikarang pukul 05.41 WIB dan kereta terakhir dari Jakarta Kota-Cikarang tersedia pada pukul 17.46 WIB. Pemberangkatan dari Bekasi tersedia hingga pukul 18.43 WIB untuk tujuan Cikarang.

"Jarak Cikarang-Jakarta Kota sejauh 43,97 kilometer, maka tarif yang perlu dibayarkan pengguna adalah Rp5.000. Diperkirakan waktu tempuh Cikarang-Jakarta Kota selama 90 menit, sementara untuk Cikarang-Bekasi dengan jarak 16 kilometer sekitar 20 menit," kata Fadhila.

Baca juga: Ini Dia! Rumah Murah Rp100 Jutaan di Cikarang

Di Stasiun Cikarang, PT KCI telah memasang 9 gate elektronik dan 6 mesin point of sales (POS), 8 gate elektronik dan 4 mesin POS di Stasiun Cibitung, 4 gate elektronik dan 5 mesin POS di Stasiun Tambun, dan 9 gate elektronik dan 5 mesin POS di Stasiun Bekasi Timur.

Buat kamu yang menggunakan KRL ini, Fadhila mengimbau untuk tidak makan, minum, membuang sampah sembarangan, dan duduk di lantai KRL. Juga tidak memaksakan diri untuk tetap naik apabila KRL sudah penuh. Paham kan?

 
Bagikan:
4761 kali