Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Meski hanya kelas pekerja alias kaum buruh, tapi kamu bisa juga loh beli hunian, sepanjang harganya terjangkau. Jadi, hilangkan alasan kaum buruh gak bisa punya hunian.

Adalah PP Urban Serpong Town, sebuah proyek rusunami (rumah susun sewa milik), berdiri khusus bagi pekerja atau buruh. Kawasan mixed use seluas 8,5 hektare ini merupakan dukungan bagi kalangan pekerja /buruh.

Baca juga: Pengen Ajukan KPR Sejahtera FLPP? Inilah Syaratnya!

Ada sekitar 6.000 unit Tipe 30 yang akan dibangun di kawasan Tangerang Selatan itu. Harganya sekitar Rp293 juta. Bagi pekerja MBR maupun non-MBR, pemerintah memberikan keringanan pembayaran.

"Cukup membayar uang muka sebesar 1 persen atau sekitar Rp2,9 juta dengan cicilan Rp1,2 juta per bulan, selama 20 tahun," ucap Presiden Joko Widodo usai groundbreaking Rusunami tersebut, Kamis (27/4).

Tentang penjualannya, BPJS Ketenagakerjaan akan bekerja sama dengan beberapa bank pemerintah.

Baca juga: Oh Gini Toh Cara MBR Singapura Bisa Beli Rumah

Pengadaan pembiayaannya akan ditunjang oleh dana JHT BPJS ketenagakerjaan. Antara lain untuk bantuan uang mukanya, sedangkan untuk proses kreditnya dapat dilakukan melalui BTN.

Untuk KPR non-MBR, pembayarannya akan mengikuti bunga pasar. Sementara Kementerian PUPR akan memberikan subsidi bunga melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). (Wit)

 
Bagikan:
4017 kali