Pemilu 2019 tinggal menghitung minggu. Debat Pilpres 2019 putaran keempat pun akan dilaksanakan 30 Maret 2019 mendatang, diikuti para calon presiden Joko Widodo dan Prabowo.

Mengingat debat pilpres 2019 hanya diadakan dua kali lagi, para supporter kedua kubu tentu makin getol memberikan dukungan mereka. Jadi jangan lupa siapkan diri untuk melihat banyak keributan di media sosial perihal debat pilpres 2019 ini.

Yap, nggak bisa dipungkiri, menjelang Pemilu 2019 ini, media sosial memang dipenuhi dengan ujaran kebencian dan keributan. Apalagi tiap debat pilpres selesai, semua ungkapan dari paslon oposisi dikritik habis-habisan. Parahnya lagi, dihina hingga ke ranah personal.

Pemicunya bisa jadi datang dari satu atau dua orang. Lalu banyak yang ikut-ikutan membenci karena terpengaruh kata orang. Padahal, fungsi dari debat sendiri adalah untuk membantu pemilih dalam mengambil keputusan. Eh, ini malah ribut hanya karena ikutan opini orang.

Jangan sampai kita menjadi salah satu yang ikut-ikutan ya, baik itu ikut-ikutan memilih, atau ikut-ikutan menghina. Apalagi kalau belum kenal sepenuhnya dengan paslon yang didukung.

Baca juga: 3 Cara Terbaik Menghadapi Perbedaan Politik dengan Orang Terdekat

Tengok kembali isi debat pilpres supaya kamu gak asal dukung

Nah, gimana dengan kamu? Udah kenal dengan paslon pilihanmu belum? Coba deh, tengok kembali isi debat pilpres 2019 dari putaran pertama ini supaya kamu gak asal dalam memilih dan mendukung!

Debat pilpres 2019 putaran pertama

debat pilpres 2019 - rumah123.com

Debat pilpres yang pertama digelar pada tanggal 17 Januari 2019 lalu. Dalam kesempatan ini, kedua paslon juga diberi kesempatan untuk menyampaikan visi misi mereka jika nanti terpilih.

Jokowi dan Ma’ruf Amin sebagai paslon nomor satu menyampaikan visi dan misi koalisinya yang bertajuk “Indonesia Kerja” dengan visi Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

Sedangkan Prabowo dan Sandiaga, paslon nomor dua bersama koalisi “Indonesia Adil Makmur” memiliki visi Indonesia adil, makmur bermartabat, religius, berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian nasional yang kuat di bidang budaya.

Baca juga: Daripada Ribut karena Beda Pilihan, Mending Cari Tau Tata Cara Pencoblosan Pemilu 2019 Ini

Debat pilpres 2019 putaran kedua

debat pilpres 2019 - rumah123.com

Debat pilpres kedua diadakan pada 17 Februari 2019. Tema yang diangkat seputar energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan, dan infrastruktur.

Energi & pangan: Jokowi merasa petani harus diperkenalkan dengan dan sistem online dalam praktik jual beli untuk mengikuti perkembangan teknologi. Sedangkan menurut Prabowo, Indonesia tidak hanya melakukan swasembada pangan tapi juga memerlukan swasembada energi. Komoditas besar seperti kelapa sawit harus didukung dan dikelola dengan baik.

Infrastruktur: Jokowi menyatakan bahwa perlu adanya waktu dalam pengalihan budaya dari kebiasaan menggunakan kendaraan pribadi ke penggunaan sarana transportasi umum. Sedangkan Prabowo, menyatakan bahwa infrastruktur harus dibangun untuk rakyat dan harus dilakukan dengan berkaca pada negara lain yang sudah dapat melakukannya.

Sumber daya alam dan lingkungan: Jokowi menyatakan bahwa akan ada upaya penghutanan kembali dan pembersihan, dan pembagian sertifikat tanah untuk membantu rakyat memiliki hak hukum. Sedangkan Prabowo menyatakan bahwa penegakan hukum harus tegas terhadap perusahaan-perusahaan besar, dan AMDAL harus dilaksanakan dengan proses yang benar.

Debat pilpres 2019 putaran ketiga

debat pilpres 2019 - rumah123.com

Debat yang diikuti para cawapres, Ma’ruf Amin dan Sandiaga ini membahas soal tema pendidikan, sosial budaya, kesehatan, dan ketenagakerjaan.

Pendidikan: Ma’ruf Amin menjanjikan adanya lembaga baru bernama Badan Riset Nasional, sementara Sandiaga berjanji menghapus ujian nasional.

Sosial budaya: Ma'ruf mengaku akan mengadakan festival kebudayaan di sejumlah negara. Sedangkan Sandiaga berjanji akan meningkatkan anggaran dalam membangun kebudayaan serta meningkatkan kewenangan lembaga terkait dalam hal pembangunan kebudayaan.

Kesehatan: Ma’ruf menjanjikan adanya perluasan, penambahan, penyempurnaan, dan peningkatan apa yang sudah dilakukan pemerintahan saat ini. Sedangkan Sandiaga akan menuntaskan akar masalah BPJS Kesehatan dan Jaminan Kesehatan Nasional dalam 200 hari pertama jika terpilih dalam Pilpres 2019.

Ketenagakerjaan: Ma’ruf bersama Jokowi akan mendorong tenaga kerja Indonesia untuk mampu menguasai teknologi, terutama teknologi digital. Sedangkan Sandiaga bersama Prabowo akan membuat program sekolah yang terhubung dengan bursa kerja.

Debat keempat yang diadakan lusa akan bertema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional. Biar gak jadi pemilih yang ikut-ikutan, pahami betul isi debat nanti, supaya kamu makin yakin dengan pilihanmu.

Eits, tapi jangan lupa juga ya untuk menghargai pilihan politik orang lain. Jangan sampai momen Pemilu ini jadi pemicu keretakan hubunganmu dengan orang-orang tercinta. Ikutan social movement #AkurSerumah dari Rumah123.com, untuk mengingatkan orang lain kalau kita, sesama masyarakat Indonesia, bisa akur dalam sebuah rumah, yaitu tanah air kita tercinta.

Bagikan: 474 kali