Ketika ada keinginan untuk membeli rumah, para wanita single cenderung sering bimbang. Padahal seharusnya tak perlu tunggu menikah untuk beli rumah!

tak ada salahnya wanita beli rumah sendiri sebelum menikah - rumah123.com tak ada salahnya wanita beli rumah sendiri sebelum menikah (rumah123.com/Getty Images)

Harga properti yang terus naik tiap tahunnya membuat banyak orang merasa harus membeli rumah sesegera mungkin. Bagi para pria, mungkin mudah saja membuat keputusan untuk membeli rumah secepatnya walau masih berstatus lajang sekalipun. Tapi lain halnya dengan wanita. Ketika ada keinginan untuk membeli rumah, para wanita single cenderung sering bimbang. Padahal, penghasilan sudah memadai dan memungkinkan untuk beli rumah. 

Pertimbangan yang sering muncul adalah antara membeli rumah segera, atau menunda hingga menikah nanti. Sebenarnya, apabila kondisi finansial sudah memadai, maka tak ada salahnya membeli rumah secepatnya, dan tak perlu menunggu untuk berkeluarga. Bahkan membeli rumah di saat masih lajang ada banyak keuntungannya lho bagi para wanita. Yuk, simak bersama-sama apa saja keuntungannya, ladies!

Baca juga: 5 Tanda Bahwa Kamu Memang Sudah Siap Beli Rumah

Dianggap mandiri secara finansial

Jika dulu wanita dianggap berperan di ranah domestik saja, kini sekarang bukan zamannya lagi. Wanita masa kini pun harus berani mandiri secara finansial. Memiliki rumah adalah salah satu tanda bahwa wanita tersebut sudah mandiri secara finansial. Dengan begitu, secara tak langsung kamu menunjukkan bahwa ketika sudah berumah tangga kelak, kamu bisa meringankan beban pengeluaran keluarga. Kamu juga bisa lebih percaya diri dan menginspirasi orang-orang di sekitarmu. 

Memiliki aset produktif

Selain menjadi tempat tinggal, rumah juga bisa dijadikan instrumen investasi yang menjanjikan. Sebab, rumah adalah aset produktif yang terus menjulang harganya. Bahkan, kenaikan harga rumah bisa mencapai 10% - 20% per tahunnya. Apabila kamu membeli rumah seharga Rp 500 juta, maka di tahun depan nilainya bisa mencapai Rp 600 juta. Jarang sekali rumah yang turun harganya, kecuali rumah tersebut memang sangat tak strategis atau jadi TKP pembunuhan. 

Baca juga: Jangan Mimpi Bisa Beli Rumah Kalau Masih Punya 4 Kebiasaan Ini

Bisa memiliki pendapatan pasif

Lantaran masih single, mungkin kamu lebih memilih untuk tinggal di rumah orang tua dan membiarkan rumah yang dibeli kosong. Nah, kamu bisa lho menambah pendapatan dengan menyewakan rumah tersebut. Selain rumah jadi gak gampang rusak, kamu juga punya pendapatan pasif deh tanpa perlu banyak usaha!

Bagaimana nasib rumah setelah kamu menikah kelak?

Posisinya di sini kamu sudah memiliki rumah pribadi ketika masih berstatus lajang. Apabila kamu menikah kelak dan mau menjadikan rumah tersebut sebagai harta bersama, maka perlu dibuat perjanjian pra nikah. Perjanjian pra nikah adalah suatu perjanjian yang dibuat oleh calon suami atau isteri secara otentik di hadapan Notaris, dan di daftarkan pada Kantor Catatan Sipil atau KUA serta dibacakan pada saat sebelum dilangsungkannya perkawinan, yang menyatakan bahwa mereka telah saling setuju dan mufakat untuk membuat pemisahan atas harta mereka masing-masing dalam perkawinan mereka kelak. Perjanjian ini dibuat untuk melindungi harta masing-masing calon suami atau istri agar apabila terjadi risiko cerai, masing-masing pihak suami atau istri mendapatkan haknya.

 

Bagikan: 1060 kali