Sofa berwarna hijau segarkan ruangan rumah. Foto: Rumah123/GettyImages
 

Sebentar lagi, tepatnya pada 16 Februari 2018, kalender Tionghoa akan berganti menjadi Tahun Anjing berunsur Tanah (2018) dari Tahun Ayam berunsur Api pada tahun sebelumnya (2017). Menurut ahli feng shui, Ferry Wong (Master Wong), pergantian tahun sebaiknya dicermati. Sebab, ada warna-warna tertentu yang membawa hoki dan ada pula warna yang sebaiknya dihindari.

Pada Tahun Anjing Tanah, karena mengandung unsur tanah maka warna yang akan membawa hoki di antaranya yakni: kuning, krem, cokelat, putih, abu-abu, dan hijau. Warna-warna ini menurutnya sekaligus juga yang akan menjadi warna ngetren pada 2018.

Baca juga: Balkon Hijau Penuh Tanaman, Mau Bikin Juga Ga?

Hijau itu warna yang meneduhkan. Kalau kita terapkan warna ini sebagai elemen interior, suasana rumah akan tampak lebih segar. Namun, jangan menjadikannya sebagai warna dominan dalam satu ruangan. Mengingat hijau adalah warna yang cenderung bold (pekat dan tajam), sebaiknya digunakan hanya sebagai aksen dalam elemen dekor, semisal pada sofa, bantal kursi, karpet, lukisan, vas bunga, atau warna tanaman.

Meskipun warna hijau bisa diterapkan pada berbagai gaya desain rumah. Namun, umumnya warna hijau tepat untuk hunian bergaya tropis.

Kalau kamu sedang mempertimbangkan warna hijau untuk interior rumahmu, berikut ini inspirasi buat kamu untuk menerapkan warna hijau pada rumahmu:

Baca juga: Meng’hijau’kan Rumah Ada Caranya Lho…

Aplikasikan Hijau pada Sofa

Juga bisa pada handle kabinet, pipe line, atau lukisan daun dalam pigura. Untuk bidang-bidang kecil, seperti vas bunga, masih cocok bila keseluruhan ruang diberi warna hijau. Namun, untuk bidang-bidang yang besar, usahakan warna ini hanya sebagai aksen saja jika elemen di sekitarnya sudah diramaikan oleh warna hijau.

 
Foto: Rumah123/iStock

 

Terapkan Hijau pada Tangga

Sebuah tangga spiral dengan warna hijau terang terlihat berada di tengah bangunan pusat kebudayaan di Stjordal. Kawasan ini terletak tidak jauh dari kota Trondheim, Norwegia.

Lantaran eksterior bangunan ini terbuat dari kaca, maka tangga spiral itu bisa terlihat dari luar gedung. Material kaca memang digunakan untuk menutupi bagian depan fasad bangunan sementara bagian lainnya ditutupi material kayu.

 
Tangga hijau, menarik juga. Foto: Rumah123/Dezeen
 

Hijau pada Pagar Rumah

Pagar hijau menyejukkan pandangan. Ada dua cara kamu meng’hijau’kan rumahmu. Pertama, dengan menanami seluruh pagar engan tanaman rambat berwarna hijau. Kedua, dengan mengecatnya jadi hijau.

 
Foto: Rumah123/iStock

  

Hijau Tanaman sebagai Elemen Dekorasi Rumah

Penempatannya harus ditata secukupnya, baik dari segi jumlah maupun ukuran. Dalam satu ruang keluarga yang besarnya 5x5 m misalnya, tanaman yang besar ukurannya seperti monstera sebaiknya hanya terdapat dalam satu atau dua pot saja di sudut-sudut ruang.

Hijau tanaman hias di sudut rumah. Foto: Rumah1123/iStock

Bagikan: 1049 kali