Sejak anak dalam kandungan, para orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik. Apalagi ketika sang anak lahir ke dunia. Segala perlengkapan bayi sebisa mungkin dipenuhi.

Mulai dari pakaian, mainan, hingga furnitur dalam kamar. Namun jika dilihat dari segi keuangan, sebenarnya banyak perlengkapan bayi yang nggak perlu dibeli. Walaupun diperlukan, harga barang tersebut cukup mahal, dan masa pakainya pun tak akan lama. Pada akhirnya, barang-barang tersebut pun bisa jadi hanya tergeletak di gudang.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa menyewa barang-barang tersebut. Nah, berikut daftar perlengkapan bayi yang sebaiknya disewa daripada dibeli.

Baby crib

Sebelum membeli baby crib, sebaiknya kamu coba untuk menyewanya terlebih dahulu. Sebab, tak semua bayi nyaman tidur terpisah dari orang tuanya. Apalagi ibu tak bisa langsung menyusui ketika anak menangis karena terpisah dari tempat tidur sang ibu. Jadi supaya nggak rugi-rugi amat, menyewa baby crib menjadi keputusan yang tepat.

Harga beli: Mulai dari Rp 1,5 juta - Rp 10 juta

Harga sewa: Mulai dari Rp 100 ribu/ bulan

Bouncer

Jika dulu kamu harus menimang bayi dengan tanganmu, kini terdapat alat canggih bernama bouncer, yang bisa menimang bayi secara otomatis. Bouncer hanya bisa digunakan oleh bayi berusia di bawah 2 tahun. Lantaran usia pemakaiannya yang sebentar, sebaiknya kamu menyewanya saja ketimbang membelinya.

Harga beli: Mulai dari Rp 350 ribu - Rp 4 juta

Hara sewa: Mulai dari Rp 60 ribu/ bulan

Baca juga: Para Orang Tua, Ini 10 Desain Kamar Anak yang Bikin Mereka Betah Di Rumah

High chair

Saat anak memasuki fase MPASI, bayi biasanya akan dibiasakan makan di high chair agar lebih fokus ketika makan. Namun jika pertumbuhan bayimu cenderung cepat, high chair pun akan cepat tidak dipakai lagi. Supaya tak boros, kamu bisa menyewanya saja, dan mengganti ukuran hih chair sesuai dengan ukuran tubuh bayi.

Hara beli: Mulai dari Rp 500 ribu - Rp 5 juta

Harga sewa: Mulai dari Rp 95 ribu per bulan

Baby walker

Benda satu ini digunakan untuk membantu bayi di fase belajar jalan. Apabila para orang tua punya waktu dan kuat untuk mentetah anak, maka baby walker tak begitu besar fungsinya. Durasi penggunaannya juga tak lama, hanya sekitar 6 bulan saja. Apalagi jika bisa berjalan lebih cepat. Biar tak rugi, sebaiknya sewa saja perlengkapan bayi satu ini.  

Harga beli: Mulai dari Rp 500 ribu - Rp 2 juta Harga sewa: Mulai dari Rp 60 ribu/ bulan

Baby tafel

Baby tafel berfungsi untuk membantu para ibu untuk mengganti popok dan pakaian bayi. Laci di bagian bawah dipakai untuk menyimpan baju, perlengkapan dan juga popok bayi. Baby tafel memang sangat bermanfaat, namun mengingat harganya cukup mahal, opsi menyewa bisa jadi pilihan tepat.

Harga beli: Rp 3 juta - Rp 8 juta

Harga sewa: Mulai dari Rp 100 ribu/ bulan

Stroller

Stroller berguna untuk membawa bayi berjalan-jalan. Selama berada di dalam kereta dorong, si kecil bisa duduk dengan tingkat sandaran bervariasi, bisa disuapi makan dengan mudah, dan bila sudah waktunya tidur ia bisa tidur dengan nyaman. Dengan begitu, para orang tua bisa melanjutkan aktivitasnya tanpa perlu capek menggendong si kecil. Stroller pun masuk ke dalam kategori perlengkapan bayi yang cukup penting. Namun harganya cukup mahal, sehingga kamu bisa memilih untuk menyewanya.

Harga beli: Rp 1,5 juta - Rp 10 juta

Harga sewa: Rp 100 ribu/bulan

Bagikan: 1732 kali