Foto: Rumah123/Getty
Masih belum punya rumah? Usah aja terus ya. Kan ga begitu kamu kerja langsung bisa beli rumah. Tapi, rencana harus diwujudkan jangan hanya tinggal rencana doang.
Untuk mewujudkan bisa punya rumah, ada tips nih dari Karir.com dan rumah123.com yang beberapa waktu lalu pernah bekerja sama:
Pertama, bagi kamu yang fresh graduated ataupun sudah berpengalaman kerja, carilah pekerjaan yang bergaji di atas rata-rata. Berdasarkan survei, industri minyak, gas, dan pertambangan masih berprospek bagi calon pekerja.
Kedua, carilah perusahaan tempat bekerja yang bisa memberi pinjaman untuk membeli rumah. Semisal, pekerjaan di bank memberikan penawaran khusus kepada karyawannya untuk keringanan membeli rumah.
Ketiga, generasi sekarang ini lebih condong meluangkan waktunya untuk bersantai (leisure) dan bersenang-senang (have fun). Uangnya banyak digunakan untuk jalan-jalan (traveling). Sebisa mungkin dana yang kamu miliki bisa dibagi antara untuk kesenangan dan untuk membeli rumah. Misalnya gini: 50% untuk kebutuhan hidup rutin, 30% ditabung untuk beli rumah, 20% untuk hiburan dan gaya hidup.
Jadi, bukannya kamu ga boleh senang-senang dengan gaji kamu, tapi emang kudu dibagi-bagi posnya agar kamu bisa beli rumah.
Keempat, pesta buat kamu, para milenial, memang aktivitas yang menyenangkan. Tapi, kalau kamu sudah bekerja, apalagi sudah menikah, ya kamu dituntut memiliki rumah sendiri. Makanya, lebih banyak menabung deh ketimbang pesta-pesta.
Kelima, joint income. Kalau pasangan kamu juga bekerja akan lebih mudah dan cepat untuk mewujudkan kamu punya rumah. Dengan menyisihkan penghasilan dua orang (suami dan isteri) akan lebih mudah untuk membayar cicilan KPR atau KPA.
Bagikan: 1372 kali