Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock
 

Ah, bener nih, dari Rp10 juta bisa kebeli properti yang harganya Rp1 miliar? Ga percaya? Ya, hanya yang meragukan sebuah impianlah yang ga akan percaya.

Mengutip The Entrepreneur, membangun aset bernilai besar sebenarnya bukanlah sebuah impian belaka. Dengan strategi yang tepat dan kerja keras, siapa pun bisa mewujudkan impiannya, termasuk mimpi punya rumah atau properti idaman.

Dari bermodalkan Rp10 juta, kamu pun akan bisa beli rumah atau properti impianmu, sebutlah harganya Rp1 miliar. Berikut ini langkah-langkahnya:

Baca juga: Rumah Jadul Bisa Berharga Mahal Lho, Yuk Investasi Properti 

Pertama, secara perlahan terus lebarkan margin antara uang yang kamu gunakan dengan yang bisa kamu simpan. Artinya, dari hari ke hari meskipun pelan-pelan berperilakulah yang bisa meningkatkan jumlah uang yang kamu bisa sisihkan. Bahasa gampangnya, sedikit pendapatan yang kamu gunakan, tapi banyak yang kamu simpan.

Kedua, saat uang itu mencapai Rp10 juta, mulailah menanamkannya dalam investasi ataupun bisnis. Dengan uang Rp10 juta, kamu bisa investasi apa sih?

Kamu bisa saja membeli saham sebuah perusahaan yang bagus dengan harga di bawah Rp1.000 sebanyak 20 lot atau 10.000 lembar. Kamu tinggal memilih saham dengan harga di bawah Rp1.000 yang masih memiliki potensi untuk naik dan mulailah mencari untung dari memperdagangkannya. Ga paham soal ini? Belajar dong pada ahlinya! Hare gene masih ga mau belajar? Rugi ah!

Langkah lainnya, dengan uang Rp10 juta, kamu bisa juga memulai sebuah bisnis kuliner atau bisnis kecil lainnya yang memungkinkan kamu mencetak untung bersih di atas 30 persen. Bisa?

Baca juga: Investasi yang Untungnya Nyampe 80 Persen, Cuma di Properti! 

Ketiga, ubah hobi menjadi duit. Klise sih emang, tapi efektif lho! Semua orang pasti punya hobi atau passion. Sambil menjalankan hobi, tapi berupaya menjaring uang, itu akan lebih mudah buat kamu ketimbang memeras otak atau mempekerjakan semua otot demi menambah kocek.

Keempat, daripada kegerus inflasi, mending tanamkan uang tabunganmu dalam investasi sejak dini, ga pake nunggu nanti. Kenapa berinvestasi lebih awal itu akan sangat menguntungkan?

Laju inflasi akan dengan mudah menjatuhkan nilai kekayaan yang kamu miliki, maka itu, berinvestasilah sejak belia agar uangmu ga mudah tergerus laju penurunan nilai. Begitu kamu memiliki penghasilan, segeralah berinvestasi. Banyak lho pilihan produk investasi yang dapat kamu gunakan sebagai instrumen melawan inflasi, semisal reksadana, investasi di sebuah usaha, properti.

Gambarannya tuh gini, kalau kamu berusia 25 tahun dan berinvestasi Rp1 juta per bulan di sebuah produk yang menghasilkan return rata-rata 20 persen per tahun, maka dalam jangka waktu 20 tahun, kamu sudah bisa mengumpulkan uang Rp3,16 miliar. Takjub kan?

Kelima, belilah properti. Harga properti hampir selalu naik, ga pernah turun. Paling banter stagnan. Ini bisa jadi lantaran laju pertumbuhan penduduk yang membutuhkan properti jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ketersediaan lahan atau unit properti.

Jarang sekali harga properti jatuh dalam jangka panjang. Rata-rata harga properti naik minimal 20 persen dalam setahun. Bahkan, acapkali di atas itu bila lokasinya tergolong strategis.

Baca juga: 6 Cara Untung Investasi Properti di Jakarta, Ayo Jangan Telat Ya! 

Nah, kamu bisa memulai membangun aset Rp1 miliarmu dari membeli properti pertamamu. Belum ada uang tunai, ya kenapa ga dengan cara Kredit Pemilikan Rumah/Apartemen (KPR/A) dulu? Manfaatkan keringanan uang muka (DP) yang saat ini bisa 15 persen. Carilah bank yang memberi suku bunga KPR termurah.

Anggap aja cicilan KPR yang kamu keluarkan setiap bulan sebagai investasi. Kamu akan takjub deh! Ga pake waktu lama, properti pertamamu itu sudah berharga fantastis dibandingkan dengan harga ketika kamu membelinya.

Orang yang benar-benar kaya kebanyakan justru menjalankan gaya hidup sederhana. Ini sebuah pelajaran penting bagi kamu yang berniat menjadi orang kaya.

Untuk bisa menjalankan lima langkah tersebut, ya kamu kudu bergaya hidup sederhana. Sadari bahwa kamu pada masa-masa sekarang ini sedang mengakumulasi aset kekayaanmu. Berpikirlah seperti orang kaya, jangan berpikir ingin tampak kaya.

Orang kaya sejati ga pernah memboroskan uangnya. Dia terus berinvestasi agar kekayaannya bertumbuh, antara lain dengan membeli banyak properti. Jadi, masuk akal kan dari Rp10 juta bisa menjadi Rp1 miliar?

Baca juga: Sama-sama Bakal Kena Pajak, Pilih Mana Beli iPhone X atau Investasi Properti?

Bagikan: 672 kali