Ilustrasi. Rumah123/iStock

Ga semua penawar dengan harga tertinggi akan memenangkan rumah idaman berlabel "dijual", lho! Maklum, jika sebuah rumah memiliki "segalanya", pasti cukup banyak peminatnya.

Siapa sih yang ga kepincut pada rumah ideal seperti itu? Bisa jadi, banyak yang rela menaikkan harga melebihi tawaran untuk mengalahkan peminat lainnya.

Baca juga: Merasa Cicilan KPR Terlalu Tinggi? Refinance Saja!

Uang pas-pasan? Jangan khawatir kalah dalam pertempuran harga! Kemungkinan untuk mendapatkan rumah itu masih terbuka sangat luas kok, asal... SIAP!

Artinya, meski dengan bujet yang terbilang pas-pasan, kamu benar-benar sudah siap sebagai pembeli. Bila akan memanfaatkan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kamu harus sudah memastikan diri mendapat persetujuan bank.

Hal tersebut bisa kamu dapatkan sebelum mengajukan KPR secara resmi. Cobalah kontak pihak bank dan minta persetujuan awal, atau gambaran hitungan kredit yang bisa kamu peroleh.

Baca juga: Biar Untung, Jatuh Cinta Tuh Ama Harganya!

Langkah ini harus diperkuat dengan kesediaan uang cash yang tersedia. Salah satunya adalah untuk membayar down payment (DP) setidaknya 15 persen dari harga untuk pembelian rumah pertama.

Mengutip Daily Mail, sekitar 22 persen penjual rumah atau properti memilih peminat yang siap meski harganya harus turun 5 persen dari yang ditawarkan. Riset yang sama juga menunjukkan bahwa 50 persen penjual juga mempertimbangkan kondisi tersebut.

Jual-beli rumah, ataupun properti lainnya bukanlah proses yang mudah. Harga yang mencapai ratusan juta rupiah tentu membutuhkan banyak pertimbangan dan kesiapan mental pembeli, pun penjual.

Baca juga: Cara Bodoh Menghabiskan Uang, Mau Ikutan?

Mengingat semua pertimbangan harus melalui proses panjang, penjual yang cenderung ingin propertinya lekas terjual, bertemu dengan pembeli yang benar-benar siap merupakan keberuntungan. Lantaran tentu tidak semua pembeli sudah menyiapkan segalanya dengan matang, terutama keuangan, sebelum menawar harga.

Bagi penjual, turun harga 5 persen tidak seberapa ketimbang menunggu pembeli lainnya yang juga belum pasti segera ada. Yuk, segera cek kesiapan keuangan kamu!

Bagikan: 2258 kali