Radek Petlak Bisa Memiliki 12 Rumah dalam Waktu 8 Tahun. Semua Rumah Ini Berharga Rp32 Miliar (Foto: Rumah123/Daily Mail)

Berawal dari ngobrol dengan teman lantas membuahkan hasil menjadi investor properti kelas kakap. Mau tahu kisah Radek Petlak?

Radek Petlak (47 tahun) hanya pria biasa asal Adelaide, Australia. Dia bekerja sebagai insinyur mesin pada sebuah perusahaan swasta.

Suatu waktu, dia berbincang santai dengan seorang rekannya. Ngobrol santai ini malah mengantarkan Petlak menuju jalan ke investasi properti.

Baca juga: Komedian Ini Ternyata Investor Properti Juga Lho, Punya Berapa Rumah Ya?

“Saya tinggal di rumah ini dan tidak berpikir apa pun, tetapi kemudian seseorang bertanya jika saya bisa merealisasikan nilai properti saya dengan siginifikan,” ujar Petlak seperti dikutip oleh media Australia news.com.au.

“Dan rumah saya kemungkinan berharga dua kali lipat dari yang saya bayarkan. Saya bilang, kamu pasti bercanda, dan kemudian perjalanan ini pun dimulai,” lanjutnya.

Petlak menggunakan rumahnya sebagai jaminan. Lantas dia meminjam uang dalam jumlah cukup untuk membeli rumah kedua.

Baca juga:  Waduh, Investor Properti Indonesia Kebanyakan Masih Lugu!

Setelah harga properti kedua naik secara signifikan, dia mengulanginya lagi. Tidak terasa kalau dalam delapan tahun, Petlak sudah memiliki 12 rumah dengan harga total mencapai AUD 3 juta (Rp32 miliar).

Apa yang dilakukan oleh Petlak sebenarnya sederhana ya. Mungkin seperti ini ilustrasinya, kamu menggunakan rumah pertama sebagai jaminan untuk mendapatkan uang Rp500 juta.

Kemudian kamu menggunakan uang tersebut untuk membeli rumah kedua. Properti ini kemudian disewakan Rp5 juta perbulan. Uang sewa rumah ini dipakai untuk membayar cicilan pinjaman sebesar Rp3 juta.

Baca juga:  Si Cantik Scarlett Johansson Investor Properti, Jangan Mau Kalah Dong

Lantas kamu mengulanginya lagi hingga mempunyai 12 rumah. Cara ini memang terkesan mudah, namun kamu harus hati-hati dan penuh pertimbangan karena uang sewa harus bisa menutupi cicilan pinjaman. Kalau tidak, bisa-bisa kamu kehilangan semua properti karena nggak sanggup bayar cicilan.

Bagikan: 20778 kali