Piala Eropa 2020 merupakan salah satu pertandingan yang sangat krusial bagi Tim Nasional di benua biru.

Sebab, Euro 2020 mengandalkan format yang sedikit berbeda dengan jumlah tuan rumah hampir di setiap negara unggulan.

Untuk diketahui, perhelatan empat tahun sekali ini tidak hanya berbeda dari sisi format melainkan juga menjadi contoh dalam penerapan adaptasi kebiasaan baru di Eropa setelah pandemi COVID-19.

Punya format yang berbeda, seperti apa stadion unik yang menjadi tuan rumah Piala Eropa 2020? 

Untuk itu, simak pembahasannya bersama-sama!

Daftar Stadion yang Menjadi Tuan Rumah Piala Eropa 2020 dengan Format Baru 

Jika sebelumnya hanya terikat antara satu dan dua negara, maka Piala Eropa 2020 memiliki format yang sangat berbeda.

Kamu pun bisa cari tahu daftar stadion Piala Eropa 2020 terlengkap berikut ini : 

1. Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Belanda 

Johan Cruyff Arena Sumber: Johan Cruyff Institute

Amsterdam merupakan salah satu magnet pariwisata di Eropa Barat dengan total turis mencapai 17 juta jiwa setiap tahunnya.

Tak hanya menjadi magnet wisata, di Amsterdam juga terdapat sebuah stadion dengan nilai sejarah tinggi yakni Johan Cruyff Arena yang menjadi kandang dari Klub Ajax Amsterdam.

Stadion ini dipersiapkan menjadi penyelenggara tiga pertandingan grup C serta salah satu dari 16 pertandingan terakhir turnamen ini.

Untuk diketahui, Johan Cruyff Arena juga pernah menjadi stadion penyelenggara Piala Eropa 2000 dan panggung final UEFA Champions League 1998.

2. Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan 

Stadion Piala Eropa 2020 selanjutnya adalah Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan yang terletak di tepi Laut Kaspia.

Dalam turnamen ini, Olympic Stadium Baku dipersiapkan sebagai stadion untuk babak penyisihan Grup A dan satu pertandingan perempat final.

Sebelum dijadikan sebagai tuan rumah Piala Eropa 2020, stadion ini juga pernah menjadi lokasi final Liga Eropa 2019.

Adapun, Olympic Stadium Baku mampu menampung hingga 68,700 yang berdekatan dengan danau Boyukshor sebagai danau terbesar di Azerbaijan.

3. Arena Nationala, Bukares, Rumania 

arena nationala Sumber: Hotnews

Untuk diketahui, Bukares dikenal sebagai Paris Kecil karena arsitekturnya dengan kombinasi modern historis yang menarik.

Dalam penyelenggaraan Piala Eropa 2020, Arena Nationala Bukares dipersiapkan sebagai stadion untuk babak penyisihan Grup C bersama Johan Cruyff Arena, serta stadion untuk babak 16 besar Euro 2020.

Adapun, stadion ini secara operasional merupakan rumah bagi Timnas Rumania dan Klub Steaua Bucuresti.

Sebelum menjadi tuan rumah Euro 2020, stadion ini pernah menjadi tuan rumah Liga Eropa 2012 antara Atletico Madrid dan Athletic Bilbao.

4. Puskas Arena, Budapest, Hungaria

Dikenal akan keindahan budaya dan sejarahnya, Budapest kini didapuk sebagai tuan rumah Piala Eropa 2020 bersama Puskas Arena.

Untuk diketahui, Puskas Arena merupakan stadion paling baru dalam perhelatan Euro 2020 yang selesai dibangun pada 2019 silam.

Stadion dengan kapasitas 67,889 penonton ini akan dipersiapkan untuk pertandingan tuan rumah Grup F dan penyisihan 16 besar.

5. Parken Stadium, Kopenhagen, Denmark 

Parken Stadium Sumber: Database of football stadiums

Di wilayah Skandinavia, tersedia juga sebuah stadion yang menjadi tuan rumah Euro 2020 yakni Parken Stadium di Kopenhagen, Denmark.

Stadion ini menjadi yang terkecil dalam Piala Eropa 2020 sejak perhelatannya di Abad 20 dengan kapasitas 38 ribu penonton saja.

Parken Stadium akan didapuk sebagai tuan rumah pertandingan Grup B dan satu pertandingan babak 16 besar.

6. Hampden Park, Glasgow, Skotlandia 

Sebagai kota penyangga Edinburgh, Glasgow juga tidak kalah menarik dengan inspirasi sejarah yang sarat akan makna melegenda.

Salah satunya adalah Stadion Hampden Park, Glasgow yang akan menjadi tuan rumah untuk grup D dan satu pertandingan 16 besar.

Untuk diketahui, Hampden Park juga menjadi stadion tertua di Piala Eropa 2020 yang menjadi rumah bagi Timnas Skotlandia dan berbagai piala berskala nasional.

Selain menjadi stadion paling tua, Hampden Park juga telah menjadi panggung bagi Piala Eropa (1960, 1976, dan 2002), final Piala UEFA 2007 dan pertandingan Olimpiade 2012.

7. Stadion Wembley, London, Inggris 

Wembley Stadium Sumber: Atlanta United FC

Sejak dulu, Wembley merupakan kebanggaan dari warga Britania Raya dan juga sepak bola Inggris sejak dulu.

Dalam banyak kesempatan, Wembley juga pernah menjadi stadion final UEFA Champions League 2011 maupun berbagai pertandingan piala domestik.

Khusus Piala Eropa 2020, Wembley akan berperan sebagai stadion sentral karena menjadi tempat bagi tiga pertandingan Grup D yang berbagi tugas dengan Hampden Park, Skotlandia.

Selain menjadi stadion babak penyisihan grup D, Stadion Wembley juga menjadi tuan rumah untuk perhelatan semifinal dan final Euro 2020 di penghujung turnamen.

Dalam perjalanannya, Wembley juga menjadi stadion dengan kapasitas terbesar di Euro 2020 yang siap menampung hingga 90 ribu jiwa.

8. Allianz Arena, Munchen, Jerman 

Dalam beberapa tahun terakhir, Allianz Arena merupakan salah satu sumber devisa yang menguntungkan bagi klub asal Bavaria Bayern Munchen karena keindahan stadionnya.

Sempat menjadi penyelenggara final UEFA Champions League 2012, Allianz Arena kini menjadi satu dari sebelas stadion di Eropa sebagai tuan rumah Euro 2020.

Stadion ini siap menampung hingga 75 ribu fans dan menjadi tuan rumah bagi Grup F yang notabene sebagai grup neraka di Piala Eropa 2020 bersama Puskas Arena.

9. Stadio Olimpico, Roma, Italia 

Stadio Olimpico Sumber: Nusa Daily

Selain menjadi kandang bagi AS Roma dan S.S Lazio, Stadio Olimpico Roma juga menjadi kandang bagi Nerazzurri alias Timnas Italia.

Stadio Olimpico akan menggelar satu pertandingan perempat final Euro 2020 dan babak penyisihan Grup A bersama Stadion Olimpiade Baku.

Sebelumnya, Stadio Olimpico sudah menjadi tempat final berbagai ajang di Eropa seperti final UEFA Champions League (1977,1984,1996, dan 2009), Piala Eropa 1980 dan Piala Dunia 1990.

Adapun, Stadio Olimpico menjadi stadion terbesar kedua di Piala Eropa 2020 dengan kapasitas mencapai 72,698 tempat duduk.

10. Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Rusia

Sukses menjadi penyelenggara Piala Dunia 2018, Stadion ini kembali menjadi penyelenggara acara Euro 2020.

Dalam perhelatan Piala Dunia 2018 sebelumnya, stadion ini berperan dalam tujuh pertandingan penting, baik penyisihan, perempat final dan tempat ketiga.

Sehari-harinya, Krestovsky Stadium merupakan rumah bagi raksasa Russia, Zenit St. Petersburg. 

11. La Cartuja, Sevilla, Spanyol 

La Cartuja Sumber: BeSoccer

Untuk diketahui, La Cartuja merupakan stadion pengganti bagi San Memes, Bilbao yang dicoret sebagai tuan rumah Piala Eropa 2020.

Stadion ini berada di Sevilla, yakni kota terbesar di tanah Andalusia yang amat terkenal akan sejarah sangat kuat.

Dalam perhelatan Euro 2020, La Cartuja akan menjadi tuan rumah bagi babak penyisihan Grup E dan satu pertandingan 16 besar.

Selain menjadi rumah bagi Sevilla dan Real Betis, La Cartuja merupakan stadion ketiga bagi Timnas Spanyol

Sebelumnya, stadion ini juga digunakan Kejuaraan Dunia Atletik 1999 dan final piala UEFA 2003 antara Celtic dan Porto yang membuka gerbang kesuksesan bagi Jose Mourinho.

Demikian beberapa daftar stadion yang menjadi tuan rumah Euro 2020 terlengkap dan terupdate.

Mana yang menjadi stadion kesukaanmu dari sisi arsitekturnya? 

Untuk cari tahu referensi dan inspirasi arsitek, selengkapnya di Rumah123.

"Yuk, cari tahu rumah unik dengan tema Eropa bersam Zena BSD City selengkapnya." 
Bagikan:
490 kali