PLTS di Indonesia merupakan salah satu infrastruktur yang sangat penting, mengingat matahari sepanjang tahun di Tanah Air harus dimaksimalkan dengan baik.

Tak hanya berkaitan untuk kebutuhan pertanian, ternyata penggunaan tenaga surya atau tenaga matahari juga dikaitkan dengan energi terbarukan.

Untuk diketahui, Indonesia mempunyai potensi yang sangat kuat terhadap penggunaan panel surya maupun tenaga matahari.

Hal tersebut memungkinkan Indonesia untuk memproduksi solar panel secara mandiri sebagai pengganti energi yang bersifat ekstraktif.

Sebagai bagian dari pembangunan infrastruktur, PLTS di Indonesia mana saja yang sudah beroperasi untuk kebutuhan masyarakat? Simak pembahasannya bersama-sama!

PLTS di Indonesia Berikut Ini Berperan Penting dalam Memenuhi Kebutuhan Listrik Rumah Tangga

Untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga di berbagai wilayah pedalaman, PLTS di Indonesia siap membantu keluarga dalam beraktivitas.

Kamu pun bisa cari tahu berbagai referensi terbaiknya berikut ini : 

1. PLTS Likupang, Sulawesi Utara

plts likupang Sumber: Liputan6.com

PLTS Likupang kini merupakan PLTS di Indonesia terbesar yang menerangi wilayah Indonesia Timur.

Di PLTS ini terdapat total 64,420 panel surya terhampar di lahan sebesar 29 hektare sebagai penangkap sinar matahari.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini mampu menyalurkan listrik hingga 15 Megawatt dengan kapasitas hingga 21 Megawatt peak (MWp).

2. PLTS Cirata 

Tak hanya digunakan sebagai PLTA, Waduk Cirata juga disiapkan sebagai salah satu PLTS di Indonesia yang sedang dibangun.

PLTS Cirata nantinya akan menjadi PLTS di Indonesia pertama yang dirancang dalam bentuk terapung dengan kapasitas besar.

Dalam pembangunannya, PLTS Cirata diklaim akan menjadi PLTS terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas mencapai 250 gigawatt.

3. PLTS Kayubihi, Bali

PLTS Kayubihi, Bali

Sebagai wilayah dengan energi terbarukan, Pulau Bali memiliki sebuah PLTS yakni PLTS Kayubihi di wilayah Bangli, Karangasem.

Untuk diketahui, wilayah Karangasem Bali merupakan salah satu wilayah bukan pesisir dengan cuaca sejuk sepanjang tahun dengan suhu rata-rata 25 derajat celcius.

PLTS ini berada di lahan seluas 2 hektare dengan 500 panel surya masing-masing berkekuatan 200 watt.

4. PLTS Gili Trawangan

Selain dikenal akan pemandangan indah pada sisi pantai, Gili Trawangan juga menyimpan potensi besar terhadap penggunaan PLTS di Indonesia.

Sinar matahari sepanjang tahun yang dikenal ramah lingkungan menjadikan Gili Trawangan sebagai sumber energi terbarukan di Indonesia.

Untuk memenuhi kebutuhan pasokan energi, PLTS Gili Trawangan mampu menghasilkan 600 KWp.

5. PLTS Oelpuah, NTT 

PLTS Oelpuah, NTT 

Untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah NTT, PLTS Oelpuah menjadi sarana terbaik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan sekolah.

Pasalnya, wilayah dengan karakter yang cenderung kering justru menghasilkan sumber cahaya matahari sepanjang tahun.

PLTS Oelpuah memiliki kemampuan daya listrik hingga 900 watt, yang sarat akan manfaat baik di siang hari untuk bercocok tanam dan malam hari untuk menganyam.

6. PLTS Sebira Pulau Seribu

Tak jauh dari Jakarta, PLTS Sebira di Pulau Seribu merupakan salah satu pembangkit listrik yang mampu menunjang kebutuhan listrik wilayah Jabodetabek-Banten.

Tak hanya dijadikan sebagai PLTS biasa, PLTS Sebira di Pulau Seribu juga dirancang dalam sistem hibrida bersamaan dengan tenaga Diesel.

PLTS Sebira Pulau Seribu mampu menampung daya listrik sebesar 400 kilowatt peak (kWp) dan diklaim mampu mencapai 1,200 kWp dalam jangka panjang.

Selanjutnya, PLTS di Indonesia ini dilengkapi oleh baterai penyimpan energi, sehingga dapat digunakan sepenuhnya di malam hari.

Itulah beberapa daftar PLTS di Indonesia yang siap menerangi berbagai wilayah Nusantara dengan energi terbarukan.

Dalam jangka panjang, diharapkan Indonesia juga akan menjadi salah satu penghasil tenaga surya terbesar di Dunia, untuk kebutuhan listrik rumah tangga yang ramah lingkungan.

Temukan informasi menarik seputar tips dan trik mengenai rumah tangga, selengkapnya di Rumah123

"Ingin punya rumah dengan tema ramah lingkungan? Ayo cari tahu Samira Regency Bekasi."

Bagikan:
591 kali