OK

Daftar Perusahaan Sandiaga Uno, Total Aset Tembus Rp56 Triliun di Pasar Modal!

03/06/2022 by Reyhan Apriathama

perusahaan sandiaga uno

Ternyata ini dia perusahaan Sandiaga Uno dengan total aset sebesar Rp56 triliun. Apa saja industrinya? Simak selengkapnya di sini!

Menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pundi pundi  kekayaan Sandiaga Uno terus bertambah.

Berdasarkan LHKPN 2021 dan 2022, kenaikan harta Sandiaga Uno jadi salah satu yang tertinggi bahkan mencapai Rp10,68 triliun, meningkat hampir 178,6% dari tahun ke tahun.

Sumber kekayaan tersebut ternyata bukan hasil dari menjabat sebagai menteri, melainkan karena hasil usahanya.

Ternyata ada banyak perusahaan Sandiaga Uno yang menghasilkan keuntungan berlimpah.

Melalui bisnis korporasi Saratoga Investama Sedaya, Sandiaga Uno memegang saham sebesar 21,51% atau setara 2,917,827,145 lembar.

Jika dikalkulasikan artinya ia sudah memiliki nilai saham sebesar Rp9 triliun, dan belum termasuk total aset dan lain-lain yang mencapai Rp56,3 triliun.

Lantas, apa saja unit bisnis dan perusahaan Sandiaga Uno yang dimiliki saat ini? Simak pembahasannya bersama-sama!

Daftar Perusahaan Sandiaga Uno dari Berbagai Unit Bisnis, Total 56 Triliun 

Simak berbagai perusahaan milik Sandiaga Uno dari berbagai lini bisnis yang bisa kamu ketahui secara lengkap berikut ini. 

1. Industri Energi 

Karyawan Adaro di Tambang Batu Bara Tabalong

Sumber: ANTARA Foto

Tak bisa dipungkiri jika perusahaan Sandiaga Uno didominasi oleh sektor energi, baik dari hulu ke hilir.

Dilansir dari situs Saratoga-investama.com, Sandiaga Uno memiliki lima perusahaan energi baik batu bara, gas industri, perminyakan, kelapa sawit , hingga energi terbarukan.

Ia menjadi pemegang saham dari Adaro Energy, Provident Agro, Interra Resources, Xurya Daya Indonesia, dan PT Samator Aneka Gas Industri.

2. Industri Kesehatan 

RS Primaya Hospital PGI Cikini

Sumber: Primayahospital.com

Tak hanya industri energi, perusahaan Sandiaga Uno berikutnya juga berkaitan dengan kesehatan, sehingga pundi-pundi kekayaan turut melesat di masa pandemi.

Untuk diketahui, Saratoga Investama Sedaya memiliki investasi di rumah sakit Primaya Hospital dan Deltomed yang menjadi distributor produk Antangin.

3. Tambang Emas  

Tujuh Bukit Gold

Sumber: Merdekacoppergold.com

Sandiaga Uno juga bermain di sektor pertambangan emas dengan dua portofolio saham.

Dalam industri tambang emas, Sandiaga memiliki dua perusahaan yakni Merdeka Copper Gold dan Sihayo Gold Limited yang beroperasi di Jawa Timur, Maluku dan Sumatera Utara.

4. Infrastruktur Digital

TBIG_resize Perusahaan Sandiaga Uno

Sumber: Mediaasuransinews.co.id

Selain industri ekstraktif dari hulu ke hilir, Sandiaga Uno juga melakukan investasi di perusahaan rintisan mulai dari modal ventura.

Saat ini, ada beberapa perusahaan rintisan yang diinvestasikan oleh Sandiaga Uno seperti JULO untuk bidang fintech, SIRCLO untuk UMKM, FUSE untuk bidang teknologi asuransi, Provident Growth dan Skystar Capital dalam bidang modal ventura.

Saratoga Investama Sedaya juga melakukan investasi kepada Tower Bersama Group sebagai perusahaan menara terbesar di Indonesia, dan juga City Vision untuk sarana periklanan.

5. Jasa dan Logistik 

MPM Honda

Sumber: MPM-gateway.com

Punya banyak lini usaha perusahaan Sandiaga Uno berikutnya adalah industri jasa dan logistik yang berkaitan dengan transportasi.

Dalam bidang ini, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta menginvestasikan uangnya kepada dua perusahaan yakni MPM Group dan MGM Bosco Logistics.

Untuk diketahui, MPM merupakan perusahaan jasa dalam bidang otomotif yang juga menjadi diler utama sepeda motor Honda untuk wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara.

Itulah daftar kompilasi perusahaan Sandiaga Uno yang diklaim memiliki total aset hingga Rp56 triliun, wah sultan banget ya!

Temukan berbagai inspirasi menarik seputar gaya hidup dan keluarga modern, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Kamu bisa wujudkan hunian idaman seperti Summarecon Mutiara Makassar , hanya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!


Tag: , ,


Reyhan Apriathama

Reyhan Apriathama

Seorang mas-mas penulis Rumah123.com yang suka otomotif, sepak bola, gadget, dan musik-musik lawas.