OK

Daftar Perusahaan Milik Jusuf Kalla, Pantas Kekayaannya Sampai Rp900 Miliar!

08/07/2022 by Reyhan Apriathama

perusahaan jusuf kalla

Simak kompilasi perusahaan Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden di era SBY dan Jokowi yang punya latar belakang pengusaha. Cari tahu daftarnya di sini!

Dikenal sebagai mantan Wakil Presiden di era SBY dan Jokowi, Jusuf Kalla juga merupakan salah seorang pengusaha sukses.

Bagaimana tidak, usaha dari Jusuf Kalla sudah dikenal sangat maju bahkan sejak ia menjabat sebagai Menteri Perdagangan hingga Menko Kesra. 

Dilansir dari LHKPN 2019 silam, Jusuf Kalla memiliki total kekayaan senilai Rp900,837,737,179, sehingga menjadi salah satu pejabat terkaya di Kabinet Kerja Jokowi.

Sumber kekayaan Jusuf Kalla juga terdapat dari berbagai unit bisnis yang ia miliki sejak diwariskan dari sang ayah.

Lantas, apa saja perusahaan Jusuf Kalla yang menjadi sumber kekayaannya? Simak pembahasannya bersama-sama!

Daftar Perusahaan Jusuf Kalla, Pantas Harta Tak Habis Meski Terus Ganti Presiden 

Simak beberapa perusahaan Jusuf Kalla berdasarkan berbagai industri yang dikenal oleh banyak orang secara lengkap berikut ini: 

1. Industri Otomotif 

Perusahaan Jusuf Kalla_ dealer mobil

Sumber: Kalla.co.id

Perusahaan Jusuf Kalla yang cukup dikenal adalah sektor otomotif, mengingat Kalla Group melalui PT Hadji Kalla merupakan salah satu dealer utama Toyota di wilayah Sulawesi. 

Selain Kalla Toyota, perusahaan Jusuf Kalla dalam bidang otomotif adalah Kalla Kars yang menjual Jeep, Benelli, dan Keeway. 

2. Konstruksi 

Perusahaan Jusuf Kalla Bukaka Teknik Utama

Sumber: Bukaka.com

Untuk diketahui, perusahaan Jusuf Kalla mengalami panen yang luar biasa mengingat adanya pembangunan infrastruktur dalam beberapa tahun terakhir.

Terdapat beberapa perusahaan konstruksi yang dimiliki oleh Kalla Group yakni Kalla Aspal dan Bumi Karsa, serta kepemilikan saham Bukaka Teknik Utama sebesar 30%. 

3. Transportasi dan Logistik 

Kalla Lines Perusahaan Jusuf Kalla

Sumber: Kalla.co.id

Untuk menunjang kebutuhan tol laut dan logistik, Jusuf Kalla memiliki usaha bidang transportasi pengangkutan.

Dilansir dari situs Kalla Group, Jusuf Kalla memiliki tiga perusahaan penting yakni Kalla Logistik untuk pengangkutan roda empat, Kalla Lines untuk ekspedisi perkapalan, dan Kalla Transport untuk jasa transportasi sewa.

4. Energi 

Perusahaan Jusuf Kalla Poso Energy

Sumber: Kalla.co.id

Selain bidang konstruksi, perusahaan Jusuf Kalla juga melebarkan sayap kepada industri energi terbarukan melalui Poso Energy dan Malea Energy.

Poso Energy merupakan salah satu lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Air dengan kapasitas 515 MegaWatt, sementara Malea Energy berada di Tana Toraja dengan kekuatan 90 MegaWatt.

Selain energi terbarukan, perusahaan Jusuf Kalla juga terdiri dari perusahaan pengelolaan mineral hingga perusahaan beton. 

5. Properti 

Mall Nipah Makassar Perusahaan Jusuf Kalla

Sumber: Kalla.co.id

Kalla Group juga memiliki beberapa unit bisnis properti, khususnya pembangunan Mal Ratu Indah, Wisma Kalla, Mall Nipah dan Trans Studio Makassar.

Selain properti dalam bidang sistem sewa, Jusuf Kalla juga memiliki perumahan, yakni Perumahan Bukit Baruga di pusat kota Makassar.

6. Pendidikan 

Kalla Institut Teknologi dan Bisnis

Sumber: Kalla.co.id

Tak hanya industri ekstraktif, Jusuf Kalla berikutnya juga turut serta dunia pendidikan. 

Pasalnya, ia memiliki Sekolah Islam Athirah dan Kalla Business School. 

Itulah beberapa kompilasi perusahaan milik Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden yang hartanya tak akan habis meski terus berganti Presiden.

Temukan berbagai inspirasi menarik seputar gaya hidup dan keluarga modern, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Kamu bisa wujudkan hunian idaman seperti Summarecon Mutiara Makassar , hanya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!