perlengkapan bayi baru lahir - rumah123.com Beberapa perlengkapan bayi baru lahir - Rumah123.com

Momen belanja perlengkapan bayi baru lahir (bayi newborn) menjadi momen yang sangat menyenangkan bagi para ibu hamil. Apalagi jika bayi yang dikandung merupakan anak pertama, dan jenis kelamin bayi sudah diketahui. 

Barang-barang bayi yang lucu kerap membuat para ibu kalap membeli ini itu, bahkan yang tidak diperlukan sekalipun. Mengingat kebutuhan bayi akan sangat banyak ke depannya, sudah sepatutnya orang tua bijak dalam mengatur pengeluaran. 

Ditambah lagi, perkembangan bayi baru lahir akan sangat pesat. Dalam 3 bulan, kemungkinan perlengkapan bayi baru lahir yang sudah dibeli tak lagi bisa digunakan. 

Daftar perlengkapan bayi baru lahir yang wajib dibeli:

Supaya tak mubazir, sebaiknya para ibu hamil membuat daftar belanja perlengkapan bayi berikut ini.

1. Perlengkapan sehari-hari

Baju bayi size newborn

Bayi newborn sangat cepat perkembangannya, sehingga tak perlu banyak-banyak membeli baju khusus ukuran mereka. Apalagi kemunkinan ada banyak oran yang memberi kado baju bayi. Pilih baju dengan bahan adem, dan hindari baju dengan gambar yang jahitannya menembus ke dalam karena bisa membuat bayi tak nyaman. 

2 pasang baju panjang & celana panjang

2 pasang baju tanpa lengan & celana pendek

2 pasang baju pendek & celana pendek

2 jumper

2 sleepsuit

Bedong 

Bedong bayi bisa membuatnya lebih hangat, mengurangi risiko sudden infant death syndrome (SIDS), dan membuatnya tak masuk angin. Bedong bayi tak lagi digunakan ketika bayi sudah mulai aktif bergerak, biasanya sejak usia 3 bulan. 

Untuk itu, tak perlu membeli terlalu banyak bedong. Cukup beli sebanyak 6 lembar saja. Beli bedong dengan bahan flanel dan katun. Bahan flanel untuk dipakai di malam hari, dan bahan katun di siang hari. 

Kaus singlet, sarung tangan dan sarung kaki

Berbeda dengan baju, kaus singlet bisa dibeli dengan ukuran yang pas di badan. Sedangkan sarung tangan dan sarung kaki diperlukan agar bayi terus merasa hangat dan menghindari bayi mengemut jari-jari atau terluka karena kuku mereka. 

12 singlet

1 topi bayi

6 sarung tangan

6 sarung kaki

Popok

Para ibu bisa memilih popok kain atau popok sekali pakai. Penggunaan popok kain tentu lebih murah dan lebih hemat. Sedangkan popok sekali pakai membuat para ibu tak kerepotan. 

Supaya gampang, beli keduanya. Gunakan popok kain di siang hari, dan popok sekali pakai di malam hari agar anak tak terbangun ketika buang air kecil atau buang air besar. Ibu pun bisa tidur nyenyak. 

2 lusin popok kain

2 pak popok sekali pakai

2. Perlengkapan tidur

Kasur bayi

Daripada membeli box bayi, sebaiknya kamu membeli kasur bayi. Sebab, bayi baru lahir biasanya tidur bersama orang tua di kasur yang sama. Untuk menghindari risiko terjepit atau tertindih, gunakan kasur bayi yang nantinya diletakkan di tengah-tengah kasur orang tua. 

Cari kasur bayi di situs jual beli online dengan kata kunci “kasur bayi set”, yang datang bersama dengan bantal, guling, beserta kelambu yang bisa dilepas. Pilih kasur dengan jenis kain yang adem dan menyerap keringat.

Perlak 

Perlak berfungsi sebagai alas, agar pipis bayi tidak langsung terkena kasur, terutama ketika mereka tidur. Cukup beli 2 lembar perlak, untuk digunakan dan untuk berjaga-jaga jika perlak satunya kotor.

Selimut

Beli dua jenis selimut, masing-masing satu. Yang pertama adalah selimut biasa untuk tidur, dan selimut dengan tudung untuk dibawa pergi kemana-mana (terutama ke klinik untuk imunisasi). Pilih bahan yang lembut dan sedikit tebal agar bayi merasa hangat. Tak perlu beli yang berbulu agar tidak mudah berdebu. 

3. Perlengkapan mandi

Baby bather

Baby bather bisa meringankan tugas ibu saat memandikan bayi karena bisa menopang tubuh bayi yang belum bisa duduk tegak. Letakkan baby bather di ember lebar, lalu mandikan bayi di atasnya. 

Sabun mandi & baby toiletries

Sediakan sabun yang sekaligus sampo bayi supaya lebih mudah dan ekonomis. Tak lupa baby oil untuk diteteskan sedikit pada air mandinya dan untuk membersihkan daerah lipatan-lipatan tubuh bayi. Agar bayi hangat, gunakan minyak telon. Sediakan juga diaper cream untuk mencegah ruam akibat popok. 

Handuk dan waslap

Untuk handuk, cukup sediakan 3 lembar terlebih dahulu. Sedangkan untuk waslap, bisa beli satu lusin karena lebih sering dipakai. 

Bola-bola kapas

Untuk memberikan pipis dan pup bayi, gunakan bola-bola kapas, jangan tisu basah. Basahi bola kapas dengan air, lalu bersihkan kotoran bayi. Ini akan membuatmu lebih hemat. 

4. Perlengkapan tambahan

Diaper bag

Fungsinya untuk membawa perlengkapan bayi baru lahir ketika dibawa ke luar rumah. Misalnya ke klinik, atau ke rumah orang tua sang ibu. 

Gendongan bayi

Gendongan bayi menjadi perlengkapan bayi baru lahir yang wajib ada. Kamu bisa menggunakan kain jarik, baby carrier, atau baby wrap. Sebaiknya coba langsung gendongan ketika kamu membelinya. 

Pompa ASI

Pompa ASI sangat berguna untuk para ibu yang bekerja. Kamu bisa menggunakan yang manual atau elektrik. Atau jika mau lebih hemat, menyewanya juga bisa jadi pilihan tepat. 

Bagikan:
8204 kali