Menjadi pejabat Indonesia bukan hanya sekadar mencari jabatan semata, namun juga mengabdi pada negara dan bangsa.

Oleh sebab itu, sudah kaya sebelum menjadi politisi merupakan hal yang sangat lumrah mengingat pengorbanannya yang tidak sedikit.

Layaknya mencari jodoh, pejabat Indonesia juga memiliki bibit, bebet, dan bobot khususnya dari latar belakang mereka.

Tak jarang, banyak pejabat yang memiliki latar belakang dengan istilah “orang kaya lama”, mengingat latar belakang orang tua mereka yang juga sebagai mantan pejabat.

Lantas, siapa sajakah pejabat Indonesia yang sudah kaya sejak lahir? Simak pembahasannya bersama-sama!

Kompilasi Pejabat Indonesia dengan Predikat Orang Kaya Lama

Daftar Pejabat Indonesia di Kabinet Indonesia Maju berikut ini memiliki latar belakang keluarga yang sangat mentereng.

Simak daftarnya secara lengkap berikut ini.

1. Nadiem Makarim

Apartemen Nadiem Makarim_5 Sumber : @nadiemmakarim

Sukses mendirikan Gojek dan menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim memiliki latar belakang keluarga yang cukup berada.

Pasalnya, Ayah dua orang anak ini merupakan putra dari pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadri.

Untuk diketahui, Ayah dari Nadiem Makarim merupakan salah satu pengacara yang sangat terkenal, bahkan kantornya pun menjadi salah satu favorit bagi lulusan fakultas Hukum.

Meski berlatar belakang sebagai anak pengacara besar, pejabat Indonesia ini memiliki total kekayaan mencapai Rp1,23 triliun.

2. Erick Thohir

Dikenal sebagai pengusaha media, Erick Thohir juga memiliki latar belakang dari keluarga yang sangat berkecukupan.

Untuk diketahui, Erick Thohir merupakan putra bungsu dari H. Mohammad Teddy Thohir yang juga menjadi salah satu sosok pengusaha yang membesarkan Astra International.

Sukses membangun kerajaan bisnis media dan olahraga, Pria 51 tahun ini memiliki kekayaan Rp2,3 Triliun berdasarkan LHKPN 2019.

3. Bambang Brodjonegoro

Bambang Brodjonegoro Sumber: Liputan6.com

Sempat menjabat sebagai Menristekdikti kemudian menjadi komisaris, Bambang Brodjonegoro juga memiliki latar belakang keluarga yang sangat baik.

Pasalnya, ia merupakan putra bungsu dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dan juga Menteri ESDM, Soemantri Brodjonegoro.

Sebelum menjadi Menteri dan Komisaris, Bambang Brodjonegoro memulai karirnya sebagai dosen dan juga menjadi seorang Dekan Fakultas Ekonomi UI.

Adapun, ia juga merupakan salah satu guru besar UI yang berusia sangat muda tepatnya pada tahun 2006.

4. Prabowo Subianto

Semua orang pastinya sudah sangat familiar jika Prabowo Subianto merupakan anak dari begawan ekonomi Soemitro Djojohadikusumo.

Tak ayal, jika reputasi Prabowo sangat dipengaruhi oleh sang ayah di kancah politik Indonesia saat ini, bahkan sosoknya pun cukup sentral di Kabinet Indonesia Maju.

Selain sang ayah yang memiliki reputasi baik sebagai Pejabat Indonesia pada zaman orde lama ke orde baru.

Adapun, kakek dari Prabowo bernama Margono Djojohadikusumo merupakan pendiri dari Bank BNI dan Ketua Dewan Pertimbangan Agung pertama.

5. Puan Maharani

Diprediksi mengikuti kontestasi politik pada 2024 mendatang, sosok Puan Maharani tak pernah lepas dari sang Ibu yakni Megawati Soekarnoputri.

Meski demikian, ia memiliki kemampuan politik yang sangat baik bahkan sudah menjadi anggota DPR sejak periode 2009 dan sempat menjadi Menko PMK.

Adapun, total kekayaan Puan Maharani mencapai Rp364,5 miliar berdasarkan data LHKPN 2019.

6. Jerry Sambuaga

Jerry Sambuaga Sumber: Liputan6.com

Menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan Indonesia ke-6, ternyata pejabat Indonesia yang satu ini memiliki latar belakang keluarga yang tidak sembarangan.

Untuk diketahui, Jerry Sambuaga merupakan putra kedua dari Theo Sambuaga yang juga pernah menjabat sebagai Menteri di era B.J Habibie.

Selain menjadi Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga juga merupakan dosen dan juga elit dari Partai Golkar.

7. Angela Tanoesoedibjo

Punya reputasi kaya dari lahir, sosok Angela Tanoesoedibjo tak pernah lepas dari peran sang ayah yakni Hary Tanoesoedibjo.

Wanita 34 tahun ini merupakan salah satu pejabat Indonesia dari kalangan milenial yang juga kini menjadi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sebelum menjadi Wakil Menteri, Angela Tanoesoedibjo merupakan salah satu pejabat penting di perusahaan sang ayah yakni MNC Group.

8. Airlangga Hartarto

Airlangga-Hartarto1 Sumber: Detik.com

Dikenal sebagai Menko Perekonomian dan juga Ketua Umum Partai Golkar, Kiprah politik Pejabat Indonesia yang satu ini turun dari sosok sang Ayah.

Pasalnya, Airlangga Hartarto ternyata merupakan putra kedua dari mantan Menteri di era Presiden Soeharto, yakni Hartarto Sastrosoenarto.

Meski berlatar belakang dari keluarga yang sangat mapan, total kekayaan Airlangga terhitung mencapai Rp254 miliar berdasarkan LHKPN 2019 silam.

Itulah beberapa daftar kompilasi pejabat Indonesia yang sudah kaya dan berkecukupan sedari lahir.

Temukan informasi menarik seputar inspirasi gaya hidup, selengkapnya di Rumah123.

"Ayo investasikan asetmu di Serpong Natura City selengkapnya."
Bagikan:
152 kali