rumah mewah di bendungan hilir Sumber: Tribunnews.com

Daftar NJOP Jakarta Pusat merupakan salah satu hal yang perlu kamu ketahui mengenai parameter harga tanah di Jakarta.

Sebab, Jakarta Pusat merupakan salah satu lokasi dengan nilai tanah yang sangat tinggi di Indonesia sehingga harga properti di tempat ini terus meroket. 

Perlu diketahui, daftar NJOP Jakarta Pusat yang sangat tinggi kerap menjadi permasalahan mengingat PBB di wilayah ini juga tergolong sangat tinggi. 

Tak jarang, warga di wilayah ini khususnya yang sudah pensiunan kerap memohon keringanan pembayaran PBB. 

Lantas, seperti apa daftar harga NJOP Jakarta Pusat secara lengkap dari setiap kelurahan di wilayah ini? Simak pembahasannya bersama-sama!

Beberapa Daftar NJOP Jakarta Pusat di lokasi yang sangat terkenal  

Berikut ini merupakan daftar NJOP Jakarta Pusat dari setiap kelurahan di wilayah ini, dari harga yang terendah sampai tertinggi.

Simak daftar terlengkapnya berikut ini :

1.  Gelora, Tanah Abang

Kelurahan ini dikenal sebagai salah satu wilayah dengan NJOP tertinggi di DKI Jakarta, mengingat lokasi ini merupakan pusat kota di Jakarta.

Secara umum, daftar harga NJOP di Kelurahan Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat cenderung variatif dengan rentang batas terendah mulai Rp2,503 juta di Jalan Gatot Subroto, dan Rp4,6 jutaan di wilayah Jalan Gelora dan Palmerah.

Sementara, batas atas dari wilayah ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman dengan harga mencapai Rp94,765 jutaan.

Selain NJOP tanah, penilaian juga mencakup beberapa ruas apartemen di wilayah ini dengan harga rata-rata mencapai Rp50 jutaan per meter persegi.

2.  Bendungan Hilir, Tanah Abang

Untuk diketahui, wilayah Pejompongan kerap menjadi salah satu lokasi hunian orang kaya lama (OKL) maupun pensiunan.

Saat ini, daftar NJOP Jakarta Pusat di wilayah Bendungan Hilir memiliki batas atas hingga Rp26 jutaan di Jalan Bendungan Hilir dan Penjernihan.

Sementara, batas bawah dari harga NJOP tanah di Bendungan Hilir tercatat senilai Rp5,1 jutaan di Jalan Pejompongan I.

3.  Karet Tengsin, Tanah Abang

Daftar NJOP Jakarta Pusat ini mungkin menjadi kelurahan yang sangat tinggi, terlebih lokasinya yang benar-benar di jantung kota.

Harga NJOP tertinggi di lokasi ini menembus angka Rp96 jutaan tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman.

Sementara, batas harga terendah menembus angka hingga Rp6 jutaan, tepatnya di wilayah Karet Pasar Baru.

Selain harga NJOP yang tinggi, terdapat dua apartemen mewah dengan harga yang sangat fantastis.

Kedua apartemen tersebut adalah Shangri-La Residence dengan NJOP mencapai Rp52 jutaan, dan Apartemen Davinci senilai Rp96 juta per meter persegi.

4.  Petamburan, Tanah Abang 

Petamburan ternyata menjadi lokasi daftar NJOP Jakarta Pusat dengan harga yang cukup rendah.

Adapun, harga tanah per meter persegi sesuai NJOP di Petamburan yakni antara Rp4-5 jutaan, khususnya pada bagian rumah tinggal.

5.  Kebon Melati, Tanah Abang

Berada di dekat Pasar Tanah Abang, daftar NJOP Jakarta Pusat di wilayah ini memiliki nilai buku yang masih cukup terjangkau.

Di beberapa lokasi seperti Jalan Lontar maupun Jalan Jati Bunder memiliki harga antara Rp4 jutaan sampai dengan Rp7 jutaan.

Meski demikian, batas atas di wilayah ini juga sangat tinggi mengingat lokasi ini merupakan kelurahan dari Jalan M.H Thamrin yang mencapai Rp96 juta per meter persegi.

6.  Menteng

Lokasi rumah di wilayah ini mungkin menjadi impian semua orang, terlebih citra orang kaya lama dan kawasan elit sangat kuat.

Kelurahan dan Kecamatan Menteng pasalnya memiliki harga rata-rata satuan tanah yang cukup tinggi, sehingga hal ini menjadi perhatian penting.

Sebagai contoh, harga tanah di jalan-jalan perkotaan seperti Pekalongan, Blitar, Bondowoso, Banyumas, Lembang dan lainnya saja sudah menembus angka rata-rata Rp20 sampai dengan Rp30 jutaan.

Selain itu, harga rumah di beberapa jalan tersebut secara umum berkisar antara belasan hingga puluhan miliar rupiah yang berukuran besar. 

7.  Pegangsaan, Menteng

Berada di Kecamatan Menteng, daftar NJOP Jakarta Pusat di wilayah Pegangsaan justru tergolong jauh lebih terjangkau.

Sebab, di wilayah Pegangsaan, Menteng kamu pun masih bisa menemukan harga tanah dengan nominal NJOP antara Rp3 sampai dengan Rp4 jutaan tepatnya di wilayah Tambak maupun Matraman Dalam.

8.  Cikini, Menteng 

Selain Menteng, Cikini juga kerap ditempati oleh banyak orang kaya lama hingga saat ini, khususnya pada beberapa wilayah. 

Adapun, harga rata-rata NJOP di wilayah Cikini berkisar antara Rp4 jutaan sampai dengan Rp35 jutaan per meter persegi.

Sementara, di wilayah Raden Saleh tercatat harga NJOP masih berkisar mulai dari Rp3 jutaan.

9.  Gondangdia, Menteng 

Wilayah lainnya di Menteng juga terdapat di kelurahan Gondangdia tepatnya berdekatan dengan kelurahan Menteng.

Jika dibandingkan dengan harga daftar NJOP Jakarta Pusat di Menteng, wilayah Gondangdia juga tidak kalah tinggi. 

Ada beberapa jalan dengan NJOP yang cukup tinggi, mulai dari Jalan Cendana dengan harga mencapai 20 jutaan hingga Jalan Sumatera mencapai Rp45 jutaan per meter persegi.

Itulah beberapa daftar NJOP Jakarta Pusat di lokasi hunian-hunian para sultan maupun orang kaya lama (OKL) berdasarkan data penetapan NJOP 2018 dari BPRD DKI Jakarta.

Temukan referensi menarik seputar properti, selengkapnya di Rumah123.

"Berencana beli properti? Temukan pilihannya bersama Tamansari Skylounge Balikpapan."
Bagikan:
4416 kali