Negara Amerika Latin merupakan salah satu wilayah penting di Dunia saat ini, sebagai wilayah yang tumbuh dan berkembang.

Untuk diketahui, perkembangan Amerika Latin dalam beberapa tahun ke belakang tumbuh cukup subur di bidang pertanian dan perdagangan.

Hasil bumi berkualitas tinggi menjadikan Amerika Latin sebagai salah satu eksportir kopi, kakao maupun timah untuk wilayah Eropa .

Selain hasil bumi yang menjanjikan, Amerika Latin juga dikenal akan keindahan sepak bolanya sejak dulu.

Untuk memenuhi kebutuhan warga Amerika Latin akan permainan sepak bola indah, Copa America pun turut menjadi saksi perkembangan sepak bola di tanah latin ini.

Lantas, negara mana saja yang turut berpartisipasi dalam Copa America 2021? Simak pembahasannya bersama-sama!

Daftar Negara Amerika Latin yang Menjadi Kontestan Copa America 2021 dengan Fakta Menariknya

Dikenal sebagai salah satu wilayah dengan karakteristik negara berkembang di Dunia, Negara Amerika Latin ternyata mempunyai berbagai keunikan tersendiri dari sisi budaya hingga wilayahnya.

Kamu pun bisa mencari tahu negara Amerika Latin mana saja yang menjadi peserta Copa America 2021 melalui referensi berikut ini : 

1. Argentina 

argentina

Sejak dulu, Argentina merupakan salah satu negara terbesar di Amerika Latin yang berada di Pegunungan Andes dan Samudera Atlantik.

Negara ini merupakan salah satu wilayah bekas jajahan Spanyol dengan perekonomian yang cukup berkembang, khususnya dalam bidang agraria.

Tak hanya sukses dalam bidang agraria, Argentina juga menjadi salah satu batas wilayah paling Selatan di Dunia saat ini.

Selain dikenal akan hasil pertaniannya, negara Amerika Latin ini dikenal sebagai salah satu eksportir atlet Sepak Bola terbesar di Dunia.

Kamu pun pastinya mengetahui sosok Lionel Messi dan mendiang Diego Maradona yang menjadi kebanggaan warga Argentina.

2. Brasil 

Jika Argentina dijajah oleh Spanyol, maka Brasil merupakan wilayah yang menjadi bekas jajahan Portugis sejak lama.

Brasil merupakan salah satu negara terbesar di Dunia dengan luas wilayah 8,5 juta kilometer persegi dengan total penduduk sebesar 200 juta jiwa. 

Selain memiliki luas wilayah cukup besar, Brasil juga menjadi salah satu penghasil kopi terbesar di Dunia, khususnya kopi robusta.

3. Kolombia

colombia Negara Amerika Latin ini merupakan salah satu wilayah dengan populasi hutan yang cukup tinggi dan berbatasan dengan Laut Karibia. Dengan populasi hutan yang cukup besar, Kolombia juga menjadi salah satu negara Cincin Api di tanah pasifik yang rentan terhadap bencana alam. Selain mempunyai kekayaan alam yang tinggi, Kolombia juga mempunyai sejarah kuat sejak penjajahan kolonial Spanyol dan Portugis. Negara yang beribukota Bogota ini juga menjadi salah satu pelopor Bus Rapid Transit yang diaplikasikan di Indonesia dengan nama Transjakarta.

4. Chili

Selanjutnya, Chili merupakan salah satu negara yang berada di wilayah tenggara Amerika Selatan dan beribukota di Santiago. Negara ini memiliki kekayaan alam yang sangat menarik baik dari sisi pegunungan maupun batas laut pada sisi selatan. Adapun, iklim di negara ini juga tergolong bervariasi baik iklim gurun di sisi utara, iklim mediterania di tengah dan iklim sedang berhujan di selatan. Dalam melakukan aktivitas perekonomian, Chili mengandalkan sektor agraria dan menjadi salah satu penghasil tembaga terbesar di Dunia.

5. Uruguay 

uruguay Selain Brazil, Uruguay merupakan salah satu negara Amerika Latin bekas jajahan Portugis yang berdekatan dengan Samudera Atlantik. Meski demikian, Uruguay merupakan salah satu negara yang cukup kecil di Amerika Latin namun mempunyai politik dan ekonomi yang sangat stabil. Adapun, komoditas unggul di Uruguay merupakan kakao dengan jumlah ekspor yang sangat besar ke wilayah daratan Eropa. 

6. Bolivia 

Terkenal sebagai salah satu wilayah terpencil, Bolivia merupakan negara di Amerika Selatan dengan batas wilayah cukup tinggi. Negara yang didirikan oleh Simon Bolivar ini merupakan salah satu negara turunan dari Kolombia berbentuk republik sebagai jajahan Spanyol. Meski menjadi negara kecil, namun Bolivia dikenal sebagai salah satu penghasil Timah dan Koka terbesar di Dunia.

7. Venezuela 

venezuela Untuk diketahui, Venezuela dahulu merupakan salah satu negara Amerika Latin penghasil minyak bumi terbesar di Dunia namun kini menjadi negara yang terancam bangkrut akibat korupsi dan salah urus. Negara yang berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Laut Karibia ini juga mempunyai lepas pantai yang cukup panjang di dunia. Saat ini, Venezuela menjadi negara yang berusaha pulih dari ancaman kebangkrutan akibat kasus korupsi dan kejahatan yang tinggi di Dunia. Demikian beberapa daftar negara Amerika Latin yang perlu kamu ketahui sebagai peserta Copa America 2021. Temukan referensi menarik seputar rumah idaman, selengkapnya di Rumah123 "Ayo cari tahu berbagai keunggulan Cluster Goldland Karawaci selengkapnya."

Bagikan:
560 kali