Tak hanya menteri terkaya dari kalangan pengusaha, terdapat juga beberapa menteri termiskin di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Konteks menteri dalam kategori kekayaan paling sedikit tersebut didasari atas laporan LHKPN yang disetorkan pada negara setiap tahunnya.

Kekayaan paling sedikit tersebut dihasilkan oleh para pejabat pemerintah dengan kepemilikan aset di bawah Rp10 miliar dengan komposisi yang sudah ditetapkan oleh KPK.

Baru-baru ini, hampir seluruh pejabat negara sepenuhnya telah melaporkan harta kekayaan mereka baik dari aset properti hingga surat berharga maupun kas yang ia miliki.

Lantas, siapa saja menteri dengan harta paling sedikit di Kabinet Indonesia Maju? Simak pembahasannya bersama-sama!

Daftar Menteri Termiskin di Kabinet Indonesia Maju 

Berikut ini merupakan beberapa kompilasi daftar menteri termiskin di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 menurut data LHKPN terakhir.

Simak beberapa daftar pejabat menteri dengan nominal LHKPN dan aset terbesarnya berikut ini.

1. Teten Masduki (Rp3,9 Miliar)

Teten Masduki Sumber: Suara.com

Memiliki berbagai jabatan yang cukup mentereng di era Jokowi, Teten Masduki merupakan menteri termiskin dengan harta yang paling sedikit.

Berdasarkan data LHKPN terakhir pada 2020 silam, pria yang juga pernah menjadi salah satu aktivis ICW ini memiliki total harta mencapai Rp3,9 miliar.

Adapun, harta terbesar dari Menteri Koperasi dan UMKM berasal dari kas sejumlah Rp1,9 miliar.

2. Siti Nurbaya Bakar  (Rp4,4 Miliar)

Menjabat sebagai Menteri KLHK, total harta yang dimiliki oleh Siti Nurbaya Bakar saat ini berjumlah Rp4,4 miliar.

Besaran harta tersebut terdiri dari beberapa bagian, baik aset bergerak maupun aset tidak bergerak.

Nominal harta terbesar Menteri yang berasal dari Partai Nasdem ini ada pada tanah dan bangunan senilai Rp2,979,040,000,-.

3. Tjahjo Kumolo (Rp5,8 Miliar) 

Tjahjo Kumolo Sumber: Kompas.com

Dikenal sebagai salah satu sosok yang dekat dengan Presiden Joko Widodo, Tjahjo Kumolo merupakan salah satu menteri yang menjabat dua periode.

Meski demikian, Tjahjo Kumolo juga merupakan salah satu menteri termiskin menurut LHKPN yang terakhir ia laporkan senilai Rp5,8 miliar.

Adapun, komposisi aset terbesar dari Tjahjo Kumolo didominasi oleh aset properti baik tanah dan rumah di Jakarta Selatan dengan nilai Rp3,1 miliar.

4. Abdul Halim Iskandar (Rp8,4 Miliar) 

Menjabat sebagai Menteri Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), kakak kandung dari Cak Imin ini masuk dalam jajaran menteri termiskin di Kabinet Indonesia Maju.

Pria yang akrab disapa Gus Halim ini memiliki total kekayaan mencapai Rp8,4 miliar berdasarkan data LHKPN 2019 silam.

Total aset kekayaan terbanyak dari Gus Halim terbanyak ada pada aset properti dan tanah yang ia miliki di wilayah Jawa Timur seperti Malang, Sidoarjo, Surabaya dan Jombang senilai Rp4,661,210,000. 

5. Tri Rismaharini (Rp8,6 Miliar)

Tri Rismaharini

Sukses menjabat sebagai Walikota Surabaya dan kini menjadi Menteri Sosial, Tri Rismaharini masuk dalam kategori menteri termiskin dengan total kekayaan Rp8,6 miliar.

Meski demikian, ia memiliki peranan yang sangat besar dalam penyaluran bantuan sosial masyarakat dengan nominal triliunan rupiah.

Berdasarkan data LHKPN yang disetor pada 2020 silam, Ibu Risma memiliki aset tanah dengan nilai Rp6,481,252,000.

Itulah beberapa daftar menteri termiskin di Kabinet Indonesia Maju yang tetap hidup jujur dan bersahaja. 

Temukan informasi menarik seputar gaya hidup, selengkapnya di Rumah123

"Cari tahu keunggulan Titanium Smart Warehouse di sini."

Bagikan:
404 kali