jenderal bintang empat

Jenderal Kehormatan Bintang Empat merupakan jabatan politis yang cukup prestise di Indonesia. Siapa saja pejabat yang memperoleh gelar tersebut? Simak selengkapnya di sini!

Sukses dalam bidang militer kemudian pensiun bukan berarti karir mereka telah berhenti, namun jalan tersebut ternyata masih sangat panjang.

Alih-alih memiliki unit bisnis maupun berinvestasi, tidak sedikit Jenderal yang memiliki posisi strategis baik sebagai direksi, komisaris, anggota DPR RI, Gubernur hingga Menteri.

Kemampuan militer dengan sentuhan politis kerap menjadi keberhasilan mereka di masyarakat, bahkan prestasi tersebut layak menjadi catatan sejarah.

Meski tak pecah bintang sampai memperoleh orang nomor satu dalam sebuah matra, ternyata untuk memperoleh gelar Jenderal Kehormatan bintang empat bisa diraih secara politik.

Lantas, siapa saja Jenderal Kehormatan bintang empat di Indonesia saat ini? Simak pembahasannya bersama-sama!

Daftar Jenderal Kehormatan Bintang Empat di Indonesia 

Simak beberapa daftar Jenderal Kehormatan bintang empat di Indonesia yang kini menjadi tokoh militer sekaligus tokoh politik secara lengkap berikut ini : 

1. Susilo Bambang Yudhoyono 

Presiden SBY Pidato di Amerika_Jenderal Kehormatan Sumber : YouTube/Susilo Bambang Yudhoyono

Sebelum menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia keenam, Presiden SBY memperoleh gelar Jenderal Kehormatan bintang empat di era kepemimpinan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Lulusan terbaik Akabri 1973  dengan pangkat Letnan Jenderal ini juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik dan Keamanan Indonesia pada periode 2001 - 2004.

2. Luhut Binsar Panjaitan 

luhut binsar panjaitan Sumber: viva.co.id

Meski dikenal sebagai Menteri segala urusan, Luhut Binsar Panjaitan merupakan salah satu Jenderal Kehormatan bintang empat pada masa kepemimpinan Abdurrahman Wahid.

Mantan Komandan Kodiklat AD ini sempat menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia periode 2000 - 2001.

Sebelum menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan, Luhut juga sempat menjadi Duta Besar Indonesia untuk Singapura.

3. Abdullah Mahmud Hendropriyono 

ruang kerja hendropriyono

Dikenal luas sebagai Profesor Intelijen, A.M Hendropriyono juga memperoleh gelar Jenderal Kehormatan bintang empat pada masa Kepresidenan Megawati Soekarnoputri.

Pada saat itu, Hendropriyono menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara periode 2001-2004.

Sebelumnya, Hendropriyono pernah menjabat sebagai Pangdam Jaya hingga Komandan Kodiklat Angkatan Darat. 

4. Agum Gumelar 

agum gumelar Sumber : Jurnal Jateng

Purnawirawan Jenderal TNI Agum Gumelar juga memperoleh Jenderal Kehormatan bintang empat dari Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid, saat itu ia menjabat sebagai Menteri Perhubungan periode 1999 - 2001.

Selain jabatan Menteri Perhubungan, Agum Gumelar juga sempat menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Menteri Koordinator, Bidang Politik, Sosial, dan Keamanan Republik Indonesia.

Pada kepemimpinan Presiden Jokowi, Agum Gumelar juga ditunjuk sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2018 - 2019. 

5. Soerjadi Soedirdja 

Soerjadi Soerdirja Sumber : Perpustakaan.kemendikbud.go.id

Mantan Pangdam Jaya sekaligus mantan Gubernur DKI Jakarta Soerjadi Soedirdja juga memperoleh pangkat Jenderal Kehormatan bintang empat.

Ia memperoleh gelar Jenderal Kehormatan pada kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid saat menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri periode 1999 - 2001.

Selain jabatan Menteri Dalam Negeri, Soerjadi Soedirdja sempat menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Sosial dan Keamanan yang kemudian digantikan oleh Presiden SBY.

Itulah beberapa daftar Jenderal Kehormatan bintang empat di Indonesia di era Gus Dur dan Megawati. 

Temukan berbagai inspirasi menarik seputar gaya hidup dan keluarga moderumah123.comrn, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Kamu bisa wujudkan hunian idaman seperti LRT City Cibubur, hanya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!

Bagikan:
313 kali