stan Sumber: Jumanto

Gaji lulusan STAN menjadi salah satu pertimbangan yang sangat menarik, terlebih sekolah kedinasan yang berkaitan dengan akuntansi dan perpajakan ini memiliki minat yang tinggi.

Tunjangan dan jaminan hidup menjadi faktor kuat dalam memilih STAN sebagai tempat pendidikan tinggi bagi kaum milenial.

Meski demikian, menjadi lulusan STAN merupakan orang-orang terpilih bahkan kuotanya pun juga sangat terbatas dengan seleksi super ketat.

Untuk diketahui, minat calon mahasiswa yang ikut seleksi STAN bisa mencapai lebih dari 40 ribu pendaftar yang harus memperebutkan 275 kuota yang disesuaikan setiap tahunnya. 

Namun demikian, saat kamu tahu gaji lulusan STAN yang terbesit pastinya adalah kesejahteraan dan jaminan jangka panjang bahkan bisa membuat kamu menjadi sosok yang mapan di usia muda.

Lantas, berapakah gaji lulusan STAN saat ini? Simak pembahasannya bersama-sama!

Berapa Gaji Lulusan STAN Terbaru? Ternyata Sangat Menjanjikan Lho!

Berdasarkan PP Nomor 15 Tahun 2019, gaji pokok PNS untuk golongan II C masa kerja tahun pertama yakni sebesar Rp2,301,800 per bulan. 

Lalu untuk golongan II A gaji pokoknya sebesar Rp2,022,200 per bulan.

Selain gaji pokok, gaji lulusan STAN juga menerima tunjangan melekat antara lain tunjangan suami istri 5 persen dari gaji pokok, tunjangan anak 2 persen maksimal untuk 3 anak.

Selanjutnya, gaji lulusan STAN juga sudah termasuk tunjangan makan Rp35 ribu per hari, tunjangan jabatan dan biaya perjalanan dinas. 

Adapun, gaji lulusan STAN juga termasuk tunjangan kinerja atau tukin. Besaran tukin lazimnya jauh lebih besar dibandingkan gaji pokok PNS.

Besaran tukin per bulan disesuaikan dengan unit penempatan CPNS dan dipersiapkan untuk mengikuti ikatan dinas maupun penempatan di seluruh Indonesia.

Sebagai contoh, jika lulusan STAN ditempatkan di Kemenkeu, maka besaran tukin yang akan diperoleh mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 156 Tahun 2014 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai Kemenkeu.

Gaji lulusan STAN juga mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 241 Tahun 2015 tentang mekanisme Penetapan Jabatan dan Peringkat bagi pelaksana di Kementerian Keuangan.

Dalam perpres tersebut, tunjangan kinerja dibagi dalam 27 kelas jabatan dimana semakin besar kelas jabatan PNS di Kemenkeu, makin besar tukin yang diberikan.

Tukin paling rendah diperoleh PNS kelas I dengan besaran mulai Rp2,575,000, kemudian untuk kelas jabatan 27 senilai Rp46,950,000.

Khusus gaji lulusan STAN dari prodi D3 yang masuk dalam golongan II, maka masuk dalam kelas 6 dengan nominal Rp3,611,000

Sebagai informasi, gaji dan tunjangan keseluruhan atau take home pay bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung unit dan instansi penempatan.

Gaji Lulusan STAN untuk Penempatan Direktorat Jenderal Pajak Tertinggi 

lulusan stan Sumber: Fakta Kampus

Untuk diketahui, gaji lulusan STAN menjadi salah satu incaran yang sangat menarik khususnya sebagai salah satu sekolah kedinasan.

Salah satunya adalah lulusan STAN yang ditugaskan sebagai CPNS di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan memperoleh tukin lebih tinggi, meski sama-sama dibawah Kemenkeu.

Tukin di DJP diatur dalam Perpres Nomor 37 Tahun 2015. Untuk level pelaksana atau jabatan kelas 6 yang terisi oleh lulusan D3 STAN akan memperoleh tunjangan kinerja senilai Rp7,673,375.

Berdasarkan PP Nomor 37 Tahun 2015, tukin di DJP bisa dibayarkan 100 persen pada tahun berikutnya selama satu tahun dalam hal realisasi penerimaan pajak sebesar 95 persen dari target penerimaan.

Tunjangan kinerja gaji lulusan STAN akan dibayarkan 90 persen jika penerimaan pajak 90-95 persen, tukin dibayarkan 80 persen apabila realisasi penerimaan antara 80-90 persen.

Tukin dibayarkan 70 persen apabila jika realisasi penerimaan pajak berkisar 70-80 persen, dan tukin 50 persen jika realisasi penerimaan kurang dari 70 persen.

Meski gaji lulusan STAN tergolong menjanjikan mulai dari awal karir dengan jenjang pasti, namun mereka tidak sepenuhnya memperoleh gaji dan tunjangan penuh di tahun pertama karena yang diperoleh sekitar 80 persen.

Bisa dikatakan dengan nominal tersebut, take home pay gaji lulusan STAN memungkinkan kaum milenial untuk mewujudkan rumah idaman mereka di usia muda.

Tak hanya mudah untuk membayar, lulusan STAN juga dimungkinkan untuk memperoleh kemudahan dalam syarat administrasi KPR mengingat pekerjaan mereka sebagai salah satu ASN.

Jadi, bagi kamu yang baru lulus SMA sepertinya menjadi lulusan STAN memiliki prestise tersendiri dalam dunia kerja.

Demikian beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang gaji lulusan STAN yang bisa bikin kamu cepat beli rumah.

Temukan referensi menarik seputar properti, selengkapnya di Rumah123.

"Berencana cari properti idaman? Kamu bisa pilih Borneo Bay City Balikpapan."

Bagikan:
5287 kali