Tak hanya politisi, artis Indonesia bisa saja dipanggil bahkan terjerat oleh KPK sebagai salah satu lembaga anti rasuah.

Pasalnya, kasus tindak pidana korupsi kerap mengancam artis Indonesia mengingat popularitasnya yang terus meningkat.

Untuk diketahui, kasus tersebut kerap ditemukan mengingat faktor gaya hidup yang terus meningkat.

Oleh sebab itu, artis Indonesia pun kerap menjadi target operasi mereka terlebih kedua belah pihak akan saling menguntungkan satu sama lain.

Bagi pejabat maupun politisi kelas atas, melarikan uang kepada artis Indonesia menjadi pilihan yang paling efektif.

Lantas, siapa saja artis Indonesia yang pernah diperiksa oleh KPK maupun terjerat kasus korupsi? Simak pembahasannya bersama-sama!

Kumpulan Artis Indonesia yang Pernah Berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi 

Tak hanya politisi, artis bisa tertangkap KPK dengan kasus tindak korupsi maupun pencucian uang.

Simak beberapa artis yang terjerat oleh KPK berikut ini.

1. Saipul Jamil 

saipul jamil

Tidak hanya terjerat kasus pedofilia, Saipul Jamil juga tersandung oleh kasus suap Panitera Jakarta Utara Rohadi.

Meski baru saja menghirup udara bebas, pedangdut 41 tahun ini sempat divonis 3 tahun penjara, namun Jaksa pada akhirnya menambah masa pidana dengan pasal suap berlapis.

Pada akhirnya, Saipul Jamil divonis lima tahun setelah menerima berbagai remisi di LP Cipinang.

2. Angelina Sondakh 

Angelina Sondakh  Suara.com

Sempat menjadi Putri Indonesia 2001 silam, Angelina Sondakh pun melenggang sebagai salah satu anggota DPR RI dari fraksi Partai Demokrat.

Tahun 2009 karir politiknya meroket sebagai anggota Badan Anggaran DPR RI dari Komisi X yang membawahi Kemendikbud dan Kemenpora.

Seiring berjalannya waktu, karir politik Angelina Sondakh habis pada 2013 setelah terjerat kasus korupsi wisma atlet Hambalang dan gedung serbaguna Palembang untuk Sea Games 2011.

Sempat divonis 4,5 tahun penjara, Mahkamah Agung pada akhirnya menyunat vonis untuk artis Indonesia yang satu ini menjadi 12 tahun.

3. Jennifer Dunn 

Jennifer Dunn  JPNN.com

Tak hanya terjerat kasus narkoba, artis Indonesia Jennifer Dunn juga sempat berurusan dengan KPK terkait pemberian mobil mewah dari Tubagus Chaeri Wardana. 

Untuk diketahui, Wawan merupakan terpidana kasus korupsi alat kesehatan di Provinsi Banten. 

Dalam kasus ini, wanita yang akrab disapa Jedun ini terbukti menerima uang dari Wawan kemudian dibelikan Toyota Vellfire.

Saat itu, Jedun mengaku tidak mengetahui bahwa uang tersebut adalah hasil korupsi mengingat hanya ditawarkan untuk masuk rumah produksi milik Wawan.

4. Zumi Zola 

zumi zola Tirto.id

Pernah menjadi pesinetron terkenal, Zumi Zola kemudian sukses menjadi politisi sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur kemudian didaulat sebagai Gubernur Jambi.

Meski demikian, kesuksesannya sebagai Gubernur tak bertahan lama setelah pada 2018 ia dijadikan tersangka oleh KPK terkait kasus gratifikasi yang membuatnya dibui selama 6 tahun penjara.

Selain dibui, Zumi Zola juga diceraikan oleh sang istri saat masa penahanan di Lapas Sukamiskin, Bandung.

5. Inneke Koesherawati 

inneke koesherawati

Artis Indonesia lawas yang satu ini juga sempat terjerat oleh kasus korupsi sang suami, bahkan ia terjerat dalam OTT KPK.

Sebelumnya, Inneke Koesherawati ditangkap terkait kasus dugaan suap kepada Kepala Lapas Sukamiskin Bandung, Wahid Husen. 

Untuk diketahui, suami Inneke Koesherawati Fahmi Darmawansyah mendekam di Lapas Sukamiskin terkait kasus korupsi di Badan Keamanan Laut (Bakamla). 

Berkat suap yang diberikan oleh Inneke Koesherawati pada Kepala Lapas Sukamiskin tersebut mengharuskan sang suami dibui selama 3,5 tahun dengan denda Rp100 juta.

Itulah beberapa daftar kompilasi artis Indonesia yang terjerat kasus suap, pencucian uang maupun korupsi oleh KPK.

Temukan beragam inspirasi menarik seputar gaya hidup dan properti, selengkapnya di Rumah123.

Bagikan:
247 kali