Biro Arsitek Asal China, ArkA Mendesain Taman Kanak-Kanak Berdasarkan Pengajaran Montessori dan Rancangan Arsitektur Bangunan (Foto: Rumah123/Designboom)

Sebuah bangunan taman kanak-kanak selesai dibangun. Proyek ini ingin mengkombinasikan teknik belajar Montessori dengan arsitektur.

Bangunan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang pas dan aman untuk perkembangan anak. Anak bisa bermain dan belajar secara bebas dan gembira.

Designboom melansir bahwa studio arsitektur China, ArkA mendesain taman kanak-kanak yang berada di ibu kota China, Beijing. Luas bangunan ini mencapai 8.000 meter persegi.

Baca juga: Sekolah untuk Murid Jaman Now Ini Dirancang Anti Teroris Lho!

Pengajaran Montessori sendiri berasal dari nama penggagasnya mendiang Maria Montessori. Dia seorang pakar pendidikan dari Italia.

Awalnya, gedung ini berupa kantor dengan konsep terbuka. ArkA mengubah bangunan empat lantai dengan menjadikan ruang yang sesuai dengan proporsi fisik anak-anak. Arsitek mendesain bangunan tanpa ada sudut yang tajam sehingga aman untuk anak.

ArkA memasukkan sejumlah rumah kecil. Hal ini memberikan anak berupa rasa kepemilikan dan keamanan.

Baca juga:  Desain TK Ini Bikin Kids Jaman Now Semakin Kreatif Lho

Rancangan terkait kelas juga mirip dengan rumah kecil sederhana. Sama halnya dengan perpustakaan yang diposisikan berada di bagian tengah bangunan. Bagian ini memiliki pohon dan seolah menjadi taman sebuah kota.

Koridor atau selasar menjadi ruang multifungsi. Bagian ini memudahkan anak untuk bergerak secara bebas, bermain dengan teman-temannya. Selain itu, area ini memudahkan para guru untuk mengawasi murid-murid.

ArkA memilih warna biru pada bagian tangga yang menghubungkan lantai. Hal ini dianggap sebagai kanal atau sungai. Tangga dan rumah kecil juga didesain sebagai ilustrasi desa yang membawa anak dekat dengan alam. Keren ya kalau lingkungan sekolah menyenangkan dan bikin senang.

Baca juga:  Didesain Ulang, Rumah Sakit Ini Mirip Taman Kanak-Kanak

Bagikan: 337 kali