cuaca ekstrem

Cuaca ekstrem berpotensi melanda beberapa wilayah Indonesia, yuk ikuti sejumlah cara menjaga tubuh tetap sehat, hidup sehat berawal dari rumah. 

Sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi dilanda cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai dengan angin kencang dan kilatan petir.

Melalui laman resminya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sepanjang 02 Juni - 04 Juni 2021, terdapat 19 wilayah akan mengalami cuaca ekstrem.

FYI (for your information) juga, cuaca ekstrem bisa terjadi pada waktu lain, jadi kamu memang harus selalu bersiap untuk menghadapinya.

Di antara wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, hingga Papua Barat.

Kemunculan cuaca ekstrem di tahun 2021 akan membawa dampak pula terhadap gangguan kesehatan dan peningkatan sejumlah penyakit.

Contohnya saja penyakit flu dan pilek, lantas demam berdarah dengue (DBD) dan diare yang sering menjangkit ketika cuaca sedang tidak bersahabat.

Nah, oleh sebab itu penting untuk selalu menjaga kesehatan kamu, apalagi di tengah cuaca ekstrem seperti saat ini.

Situs properti Rumah123.com akan memberikan tips menjaga kesehatan agar tetap fit di tengah cuaca ekstrem, yuk disimak seperti apa.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Ekstrem

1. Istirahat yang Cukup

Salah satu bagian yang menjadi pilar utama kesehatan adalah mendapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas.

Dengan cukup istirahat melalui tidur yang teratur, akan membuat sistem imunitas tubuh kamu tetap terjaga, sehingga virus dan bakteri tidak mudah menyerang.

CNN Indonesia mengutip sorang dokter spesialis jantung, Vito Damay bahwa tidur teratur di malam hari memudahkan sistem pergantian sel rusak dan istirahat hormon-hormon dalam tubuh.

"Jika tidak teratur maka proses regenerasi sel akan terganggu dan kadar stress dalam tubuh tetap tinggi," ujar Vito.

2. Menjaga Pola Makan dan Nutrisi

Untuk membuat badan tetap sehat kala menghadapi cuaca ekstrem, kamu juga harus menjaga pola makan dan kualitas nutrisinya.

Adapun kamu bisa mendapatkan makanan yang bernutrisi tinggi dimulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam.

Banyak ahli kesehatan menyarankan untuk tidak melewatkan sarapan yang bergizi, jangan memulai hari tanpa menyantap sarapan ya.

Kamu dapat memprioritaskan pada makanan yang mengandung protein dan vitamin karena baik untuk imunitas tubuh.

3. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Konsumsi air putih penting untuk menjaga kesehatan tubuh, karena putih dapat melindungi tubuh dari dehidrasi.

Cairan juga punya peran penting dalam metabolisme tubuh, ingat lo Kementerian Kesehatan RI menganjurkan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas berukuran 230 ml per hari atau 2 liter.

4. Olahraga Secara Rutin

Untuk menjaga kesehatan tubuh di tengah cuaca ekstrem, kamu disarankan melakukan olahraga rutin setiap pagi atau sore hari, tentunya waktu bisa disesuaikan.

Para ahli menyarankan setiap orang dapat berolahraga paling tidak 150 menit setiap minggu atau 30 menit setiap hari.

Tidak perlu olahraga yang berat-berat kok, kamu cukup rutin melakukan aktivitas jalan pagi atau bersepeda santai keliling sekitar kompleks perumahan.

5. Menjaga Kesehatan Pikiran

Selain fisik yang harus dijaga, kamu pun disarankan untuk memperhatikan pula kesehatan pikiran.

Stress dan pikiran berlebih berpotensi muncul dalam kondisi tak menentu seperti saat pandemi ini, beban pikiran yang berlebih akan menjadi awal mula pintu masuk berbagai penyakit.

Untuk meredakan stress, kamu bisa melakukan sejumlah kegiatan relaksasi tubuh dan pikiran yang menyenangkan seperti beribadah, meditasi, berolahraga, atau menyalurkan hobi menanam dan mendekorasi tanaman hias di rumah.

Dengan demikian, kamu akan mendapatkan rasa senang dan pikiran yang santai, sehingga akan berdampak pula pada tingkat stress menjadi berkurang.

Wah, ternyata mudah juga ya untuk menjaga kesehatan badan dan juga pikiran selama cuaca ekstrem, kamu bisa melakukan dari sekarang.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai gaya hidup sehat di rumah.

Pilihan yang tepat untuk memiliki rumah tapak yang murah di Bogor, Jawa Barat adalah Parayasa.

Bagikan:
401 kali