NSK Olimpiyskiy Akan Menjadi Stadion Penyelenggaraan Final Liga Champions Musim 2017/2018 Antara Real Madrid (Spanyol) Melawan Liverpool (Inggris) (Rumah123/Kiev Friendly)

Real Madrid (Spanyol) dan Liverpool (Inggris) akan berjumpa dalam pertandingan final Liga Champions musim 2017/2018 yang akan dilangsungkan  di NSK Olimpiyskiy, Kiev, Ukraina pada Minggu (27/05/2018) dini hari WIB.

Real Madrid masih akan mengandalkan mega bintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo untuk meraih gelar yang ke-13. Ronaldo sudah mencetak 15 gol dalam musim ini.

Baca juga: Gagal ke Piala Dunia 2018, Timnas Belanda dan Italia Gak Bakal Main di Stadion Luzhniki

Sementara Liverpool bakal bertumpu pada bintang baru asal Mesir, Mohamed Salah untuk merengkuh gelar yang ke-6. Salah telah memborong 11 gol dalam kompetisi yang sama.

By the way, Salah juga menjadi pencetak gol terbanyak Liga Primer Inggris dengan 32 gol. Dia memecahkan sejumlah rekor di Inggris lantaran musim ini menjadi debutnya.

Baca juga: GBK Aja Udah Keren Banget, Apalagi Stadion Buat Piala Dunia 2018 Ini!

Pertandingan puncak ini mempertemukan dua klub terbaik serta dua pemain terproduktif saat ini, Ronaldo dan Salah. Lantas siapa yang akan menjadi raja di NSK Olimpiyskiy?

Stadion ini sudah ada sejak awal abad ke-20, saat Ukraina masih menjadi bagian dari Uni Soviet. Stadion memiliki sejarah panjang.

Baca juga: Menanti Sepakan Bintang Timnas Inggris dan Spanyol di Stadion Kaliningrad

NSK Olimpiyskiy sempat mengalami beberapa kali renovasi dan juga beberapa penambahan kapasitas penonton. Stadion ini juga pernah menjadi tuan rumah Olimpiade 1980.

Biro arsitek asal Jerman, GMP (Gerkan, Marg & Partners) mendesain ulang stadion ini pada 2008. GMP memiliki rekam jejak dalam pembangunan dan revonasi stadion. Sayangnya, tidak ada yang istimewa dari desain stadion ini. Meski begitu, stadion ini tetap terbilang megah.

Baca juga: Yuk, Lihat Stadion dengan Layar Terbesar di Dunia, Kalau di Indonesia Ada Ga Ya?

Saat ini, stadion memiliki kapasitas penonton lebih dari 70.000 penonton. NSK menjadi stadion dengan kapasitas penonton terbesar kedua di Eropa Timur. Klub raksasa Liga Ukraina, Dynamo Kiev menggunakan stadion ini sebagai home base.

Stadion ini sempat ditutup pada 2008 hingga 2011 untuk renovasi jelang Piala Eropa 2012 Ukraina-Polandia. Dua negara ini menjadi tuan rumah bersama.

Baca juga: Stadion Ini Punya Kursi Khusus Difabel, Harusnya Semua Stadion Kayak Gini Ya

Stadion ini sempat menjadi tempat penyisihan Grup D, perempat final, hingga pertandingan final antara Spanyol melawan Italia. Spanyol menang 4-0.

Hmm, kira-kira siapa yang akan mencetak gol? Siapa juga yang bakal mengangkat trofi dan menjadi raja di NSK Olimpiyskiy?

Baca juga: Stadion Baru Siap Sambut Wakil Asia di Piala Dunia 2018, Indonesia Kapan?

Stadion Ini Digunakan untuk Pertandingan Final Piala Eropa 2012 Ukraina-Polandia, Antara Spanyol Melawan Italia. Spanyol Menang 4-0. (Rumah123/Stadiumdb)
Stadion Ini Memiliki Kapasitas 70.000 Penonton dan Menjadikannya Stadion Terbesar Kedua di Eropa Timur (Rumah123/Stadiumdb)
Stadion Ini Juga Digunakan oleh Klub Liga Ukraina, Dynamo Kiev Sebagai Home Base (Rumah123/World Soccer Destinations)
Bagikan: 622 kali