OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

3 Contoh Teks Eksposisi Definisi Beserta Strukturnya. Catat Baik-Baik, ya!

22 Nopember 2023 · 4 min read Author: Emier Abdul Fiqih P

contoh teks eksposisi definisi

Property People sedang mencari contoh teks eksposisi definisi beserta strukturnya? Simak sampai tuntas artikel ini, yuk!

Dalam pelajaran bahasa Indonesia, peserta didik akan belajar berbagai jenis teks.

Salah satunya adalah teks eksposisi definisi.

Jenis teks eksposisi ini umumnya digunakan untuk menjabarkan sesuatu.

Untuk lebih jelasnya, yuk tengok pembahasannya di bawah ini!

Apa Itu Teks Eksposisi Definisi?

apa itu teks eksposisi definisi

ilustrasi apa itu teks eksposisi definisi, contoh teks eksposisi definisi singkat

Menurut buku Teks Prosedur dan Teks Eksposisi, teks eksposisi definisi adalah paragraf eksposisi yang memaparkan mengenai definisi atau pengertian suatu topik tertentu.

Sementara dalam buku Cermat Berbahasa Indonesia, teks eksposisi definisi bisa diartikan sebagai teks eksposisi yang menginformasikan dan menjelaskan definisi dari suatu objek yang dibahas di dalam teks.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa teks eksposisi definisi adalah jenis teks yang menjelaskan definisi atau pengertian suatu objek atau topik tertentu.

Struktur Teks Ekposisi Definisi

Sebelum menulis teks eksposisi definisi, kamu harus mengetahui strukturnya.

Menurut buku Mari Belajar Bahasa Indonesia, berikut struktur teks eksposisi.

1. Tesis

Tesis adalah bagian yang kerap disebut juga dengan pembukaan.

Bagian ini adalah pengenalan suatu masalah, isu, atau pertanyaan yang akan menggiring pembaca untuk bisa memahami inti dari masalah yang hendak disampaikan.

2. Argumentasi

Argumentasi adalah bagian yang sering disebut isi.

Bagian ini biasanya berupa poin-poin penting yang berada dalam teks.

Isi dari bagian tersebut bisa juga berupa ide-ide pikiran yang ingin diutarakan penulis.

3. Penegasan Ulang

Penegasan ulang adalah bagian yang berisikan pengulangan beberapa pernyataan yang telah disampaikan.

Bagian ini ditujukan untuk meyakinkan pembaca terkait kebenaran pada bagian tesis.

Contoh Teks Eksposisi Definisi

1. “Membaca”

contoh teks eksposisi definisi singkat

ilustrasi apa itu teks eksposisi definisi, contoh teks eksposisi definisi singkat

Membaca adalah salah satu aktivitas berbahasa yang secara teknis melakukan analisis, interpretasi, dan memahami sebuah wacana atau tulis tertentu. Membaca ialah salah satu dari empat kegiatan berbahasa di samping menyimak, berbicara, dan menulis.

Jika didasarkan pada cara membaca dilakukan, membaca dapat diklasifikasikan ke dalam dua macam. Kedua jenis tersebut antara lain membaca nyaring dan dalam hati. Membaca nyaring adalah suatu aktivitas membaca yang dilakukan dengan cara mengeraskan suara dengan tujuan agar bisa disimak oleh orang lain. Sementara membaca dalam hati adalah membaca dengan lirih tanpa mengeluarkan suara yang keras atau bisa juga membaca tanpa mengeluarkan suara sama sekali. Jenis membaca ini biasa dilakukan untuk memahami maksud dan tujuan dari tulisan atau wacana yang sedang dibaca.

2. “Jahe”

Jahe adalah tanaman rimpang yang sangat populer. Tanaman ini biasa digunakan sebagai bahan masakan atau penyedap rasa alami. Selain dapat digunakan sebagai rempah-rempah, jahe juga bisa dipakai sebagai obat beberapa jenis penyakit seperti batuk, panas dalam, dan lainnya. Tanaman jahe mempunyai tinggi sekitar 30-100 cm. Daunnya berbentuk menyirip dengan panjang sekitar 15-23 mm dan lebar 8-15 mm. Jahe memiliki rimpang atau akar berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Akar inilah yang diambil dan dimanfaatkan sebagai jahe. Rasa dominan tanaman ini pedas dan hangat karena senyawa keton bernama zingeron.

3. “Pisang”

contoh teks eksposisi definisi panjang

ilustrasi contoh teks eksposisi definisi panjang, contoh teks eksposisi definisi singkat

Pisang adalah tumbuhan yang biasa tumbuh di sekitar rumah warga. Tanaman ini biasa diambil buahnya untuk dimakan. Buah pisang sangat baik bagi kesehatan karena mengandung vitamin (A, B, B6, dan C), mineral (kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi), serta karbohidrat. Selain buahnya, seluruh komponen pisang, dari daun, jantung, hati, bahkan kulit pisang mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan.

Daun pisang biasa digunakan masyarakat untuk membungkus makanan karena mengandung zat polifenol yang mampu membuat antioksidan. Antioksidan sendiri dapat menangkal radikal bebas. Hati, bonggol, dan gedebok pisang muda yang umumnya dibuang ternyata punya manfaat bagi kesehatan. Misalkan saja, zat tanin bisa digunakan sebagai antiseptik. Lalu, zat saponin bermanfaat untuk mengencerkan dahak. Kemudian, kalium yang berfungsi untuk melancarkan buang air kecil. Kulit pisang juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Kulit pisang mengandung vitamin B, C, protein, dan kalsium. Ini membuatnya bermanfaat untuk menjaga kesehatan retina mata. Dengan banyaknya manfaat, kamu wajib mengonsumsi pisang, baik itu secara langsung maupun lewat proses pengolahan lebih lanjut.

***

Itulah contoh teks eksposisi definisi beserta strukturnya yang bisa kamu ketahui.

Selain itu, kunjungi laman artikel.rumah123.com dan follow akun Google News kami untuk membaca ulasan lainnya.

Buka lembaran baru dan wujudkan impian untuk punya rumah di www.rumah123.com, kami selalu #AdaBuatKamu.

Referensi:

  • Aulia, Arnia. 2022. Teks Prosedur dan Teks Eksposisi. Guepedia
  • Sutarno. 2019. Cermat Berbahasa Indonesia. CV Jejak

Tag: , , ,


Emier Abdul Fiqih P

Content Writer

Menjadi penulis di 99 Group sejak 2022 yang berfokus pada artikel properti, gaya hidup, dan teknologi. Lulusan S2 Linguistik UPI ini sempat berprofesi sebagai copy editor dan penyunting buku. Senang menonton film dan membaca novel di waktu senggang.
Selengkapnya