Surat Pernyataan Kesanggupan

Surat pernyataan kesanggupan merupakan salah satu hal yang perlu kamu perhatikan secara mendalam, terlebih surat ini menjadi bukti tanggung jawab kamu dalam finansial maupun kebutuhan kerja.

Pasalnya, asas kepercayaan tidak sepenuhnya bisa dilakukan secara verbal, sekalipun dapat berpengaruh terhadap kasus wanprestasi yang terjadi antara satu dan dua belah pihak.

Oleh sebab itu, dibutuhkan sebuah surat pernyataan sebagai bukti kuat secara otentik dan fisik. 

Terkait dengan surat keabsahan properti, ada dua jenis surat yang bisa kamu gunakan untuk memperkuat perikatan secara hukum, khususnya terkait angsuran KPR dan perjanjian sewa rumah.

Seperti apa jenis surat tersebut? Simak pembahasannya bersama-sama! 

Pengertian Surat Pernyataan Kesanggupan 

Surat pernyataan kesanggupan merupakan kesediaan orang atau kelompok dalam menjalankan atau memenuhi hal-hal tertentu yang sudah disepakati secara lebih lanjut.

Umumnya, surat resmi ini sudah banyak digunakan dalam berbagai hal bukan hanya sekadar jenjang karir, maupun hal yang berkaitan dengan literasi keuangan maupun properti.

Adapun, format surat pernyataan kesanggupan dibuat secara formal dengan bahasa baku sesuai kebutuhan yang baik dan benar.

Bukan hanya sekadar isi surat saja, umumnya surat pernyataan kesanggupan juga dilengkapi oleh tanda tangan sekalipun materai 6000.

Tujuan Surat Pernyataan Kesanggupan 

Untuk diketahui, penggunaan dan tujuan pembuatan surat pernyataan kesanggupan bersifat mengikat maupun memberi kepastian terhadap seseorang atau kelompok supaya mampu menjalankan perjanjian tertentu.

Secara umum, ada beberapa tujuan dan peruntukkan surat pernyataan kesanggupan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti bekerja maupun melamar pekerjaan.

Selain itu, surat tersebut juga bisa berkaitan dengan penyertaan hutang maupun kesanggupan membayar angsuran dalam tempo waktu yang disesuaikan. 

Manfaat Surat Pernyataan Kesanggupan 

Manfaat surat pernyataan ini bisa dikatakan menjadi bagian penting untuk win-win solution bagi dua belah pihak yang berkepentingan, baik pembuat maupun penerima surat.

Adapun, kegunaan surat tersebut bagi penerima adalah bukti tanggung jawab yang mengikat apabila di tengah ada pihak yang melanggar perjanjian, dengan sanksi yang sudah disepakati.

Selain itu, manfaat surat ini juga berkaitan atas dasar mengembalikan atau membangun kepercayaan dari pihak lain.

Kemudian, manfaat bagi pembuat adalah faktor kredibilitas dengan kemampuan bahwa seseorang tersebut mampu bertanggung jawab dengan baik sesuai kapasitasnya.

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan 

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN MEMBAYAR ANGSURAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ardianto Wisnuprobo

NIK    : 8822134820004

Tempat, Tanggal Lahir : Banjarnegara, 21 Februari 1988

Pekerjaan : Karyawan Swasta

Alamat : Jl. Penjernihan IV No.122B, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat

dengan ini menyatakan kepada :

Nama : Fifi Febrianti

Pekerjaan : Consumer Loan Section Bank BPR Mutisarana 

Alamat  : Jl. Kedamaian No.19, Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 

Bahwa saya adalah benar membeli rumah di Bekasi Timur Regensi secara kredit yang diselenggarakan oleh BPR Multisarana. 

Saya menyatakan kepada Ibu Fifi Febrianti yang identitasnya tersebut di atas dan kepada pihak BPR Multisarana, bahwa saya bersedia dan menyatakan sanggup untuk membayar angsuran setiap tanggal 27 selama 5 (lima) tahun, dengan angsuran senilai Rp2,350,000 (Dua juta tiga ratus lima puluh ribu rupiah).

Apabila saya tidak sanggup membayar angsuran setiap bulannya dengan tepat waktu, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan hukum dan perundang – undangan yang berlaku oleh pihak BPR Multisarana.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat, untuk bisa dijadikan sebagai pedoman di kemudian hari tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

 Bekasi, 2 Februari 2021

Yang Menyatakan,

Ardianto Wisnuprobo

Surat Pernyataan Kesanggupan dalam mengontrak rumah 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Hitler 

NIK    : 9331137830007

Tempat, Tanggal Lahir : Trenggalek, 11 Maret 1993

Pekerjaan : Wiraswasta

Alamat : Jl. Taman Elok Indah Blok K9, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur

dengan ini menyatakan kepada :

Nama : Rusmayanti 

Pekerjaan : Wiraswasta

Alamat  : Jl. Abadi No.21,Meruya Selatan,Kembangan, Jakarta Barat 

Bahwa saya adalah mengontrak rumah atas pemilik pihak kedua atas nama Ibu Rusmayanti. 

Saya menyatakan kepada Ibu Rusmayanti yang identitasnya tersebut di atas dan, bahwa saya bersedia dan menyatakan sanggup untuk membayar kontrakan rumah setiap tanggal 27 selama 1 (satu) tahun penuh, dengan nominal Rp4,500,000 (empat juta lima ratus lima puluh ribu rupiah).

Apabila saya tidak sanggup membayar biaya sewa kontrak setiap bulannya dengan tepat waktu, maka saya bersedia membayar denda sesuai akad yang berlaku.

Demikian surat pernyataan ini saya perbuat, untuk bisa dijadikan sebagai pedoman di kemudian hari tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

 Jakarta, 2 Februari 2021

Yang Menyatakan,

Muhammad Hitler 

Itulah beberapa contoh dan referensi terkait penggunaan surat pernyataan kesanggupan sebagai bukti pertanggungjawaban kamu sebagai seorang debitur. 

Untuk cari tahu referensi menarik seputar keuangan dan finansial properti, selengkapnya di Rumah123.

"Sedang mencari lokasi hunian terbaik? Kamu bisa pilih Puri Mutiara Makassar selengkapnya."

Bagikan:
1376 kali