surat permohonan pelunasan kpr

Surat permohonan pelunasan rumah merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan secara mendalam, terlebih apabila kamu ingin melakukan percepatan kredit.

Meski kamu diharuskan untuk membayar penalti, namun surat permohonan pelunasan rumah kerap digunakan untuk aktivitas lainnya, sekalipun membeli rumah baru kembali secara kredit.

Adapun, pembuatan surat permohonan pelunasan rumah juga bisa dilakukan apabila ada teman atau sahabatmu yang ingin membeli rumah secara tunai.

Tak hanya sekadar hal tersebut saja, kamu pun juga bisa melunasinya apabila memiliki dana berlebih yang sudah kamu simpan terlebih dahulu.

Bisa dikatakan pelunasan rumah menjadi salah satu momen terbaik supaya terbebas dari hutang, sekalipun bertujuan untuk melakukan restrukturisasi hutang lancar lainnya.

Lantas, apa saja manfaat surat permohonan pelunasan rumah? Simak pembahasannya bersama-sama!

Manfaat membuat surat permohonan pelunasan rumah lebih cepat

Sebelum kamu melakukan percepat pelunasan cicilan rumah, ada beberapa manfaat dalam membuat surat permohonan pelunasan rumah yang dapat dijelaskan sebagai berikut.

- Plafon pinjaman meningkat 

Pertimbangan utama dalam membuat surat permohonan pelunasan pastinya supaya kamu mendapat plafon pinjaman yang lebih besar.

Adapun, plafon pinjaman sangat dipengaruhi oleh besaran kredit yang kamu gunakan saat ini, bukan hanya sekadar cicilan rumah, melainkan juga cicilan lainnya yang bersifat konsumtif seperti kartu kredit maupun kendaraan.

Dengan adanya kenaikan plafon pinjaman, kamu pun bisa menggunakannya untuk berbagai hal lain, sekalipun lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan kredit lainnya. 

- Mudah untuk mengajukan pinjaman selanjutnya 

Jenis manfaat penggunaan surat permohonan pelunasan rumah yang tidak disadari adalah kemudahan mengajukan pinjaman kembali. 

Sebagai contoh, apabila kamu mengambil angsuran 12 tahun, namun sudah dilunasi pada tahun kelima, tentu utang akan selesai sehingga kamu pun bisa memperoleh rekam kredit yang baik.

Untuk diketahui, rekam jejak kredit saat ini seakan menjadi hal yang sangat penting dalam literasi keuangan dan perbankan. 

- Bebas hutang 

Dengan mempercepat pelunasan KPR, tanggungan finansial yang harus terbayarkan setiap bulan pun akan berkurang. 

Apabila, surat permohonan pelunasan rumah dipercepat sudah disetujui, beban finansial pun akan semakin ringan, tak hanya beban cicilan saja namun juga kebutuhan operasional harian. 

Selain itu, kamu pun bisa menggunakan sisa biaya pelunasan rumah untuk aktivitas lainnya, baik berinvestasi maupun membeli produk konsumtif. 

- Memutar investasi 

Surat permohonan pelunasan hutang yang disetujui tidak hanya membuat kamu bebas hutang saja, namun juga membuat kamu bebas memutar uang lainnya untuk berinvestasi.

Sebagai contoh, kamu bisa memberikan pinjaman terhadap orang lain yang membutuhkan dengan keuntungan yang menjanjikan. 

Dengan hal ini, kamu pun akan jauh lebih cepat mendapatkan relasi bisnis maupun mitra dalam berinvestasi.

Meski demikian, pastikan uang yang kamu gunakan untuk memutar investasi bukan jenis uang panas, yakni hasil menggadai sertifikat rumah yang sudah diperoleh. 

Contoh surat permohonan pelunasan rumah 

Kepada Yth.

Ibu Widiyanti

Consumer Loan Section Head 

PT.BANK BNI Persero 

Kantor Wilayah Jakarta II 

Jl. Lada No. 11, Jakarta Barat 

Up. Unit KPR 21.10.3.2014

Perihal: Surat Permohonan Pelunasan Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama Lengkap           : Prasetiyo Sutrisno Setiawan

Tempat Tanggal Lahir : Jakarta, 1 Mei 1977

Alamat  : Perumahan Alamanda Residence Blok J2 No.34, Sukamaju, Cilodong, Depok

Telepon  : 021 - 75647381

Dengan ini mengajukan permohonan Pelunasan Kredit Pemilikan Rumah ( KPR ) yang saya ajukan Kepada PT.Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk, dengan rincian sebagai berikut :

Nama nasabah   : Prasetiyo Sutrisno Setiawan

Nomor Nasabah : K2134676

No. Rekening      : 334271890

Jenis Rekening   : BNI Taplus Bisnis 

Unit Pengelola    : Kantor Cabang Umum, Senayan II

Pengunaan :

Pembelian ruko sebanyak tiga unit berlokasi di Grand Depok City, Depok, Jawa Barat, dan permohonan KTA senilai Rp375,000,000 yang akan diangsur selama lima tahun. 

Mohon kiranya surat permohonan pelunasan rumah ini agar dapat dibantu untuk dilakukan.

Pelunasan serta keringanan biaya akan disesuaikan dengan program dan ketentuan di awal.

Demikian surat permohonan ini saya ajukan untuk digunakan sesuai dengan kepentingannya.

Atas perhatian dan kerjasama, saya ucapkan terima kasih

Jakarta, 28 Januari 2020

Prasetiyo Sutrisno Setiawan

Itulah contoh surat permohonan pelunasan rumah yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat  cicilan KPR, baik terbebas dari hutang maupun memutar kebutuhan lainnya.

Temukan informasi lengkap seputar literasi keuangan, selengkapnya di Rumah123.

"Temukan rumah idaman di Makassar bersama Summarecon Mutiara Makassar."

Bagikan:
3389 kali