Ilustrasi Penumpang Kereta Rel Listrik. Operator KRL Commuter Line, PT Kereta Commuter Indonesia Berencana Menambah Jumlah Unit Kereta Pada 2019 dan 2020. Saatnya Kamu Membeli Hunian yang Dekat dengan Stasiun Commuter Line (Foto: Rumah123/Getty Images)

Operator kereta rel listrik (KRL) Commuter Line, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) bakal menambah jumlah kereta  sebanyak 192 unit pada 2019 ini. Saatnya, kamu membeli rumah yang memiliki akses Commuter Line, tentunya supaya kamu mudah pergi pulang ke kantor.

PT KCI akan memperbanyak jumlah kereta untuk meningkatkan pelayanan sejalan dengan pertumbuhan jumlah penumpang. Perusahaan telah menjalin kerja sama dengan East Japan Railway Company (JR-East) dalam pembelian kereta pada 2018.

Dalam kontrak itu, perusahaan bakal mendatangkan 356 unit kereta dalam kurun waktu 2018 hingga 2020. Pada 2018, KCI sudah mendatangkan 68 unit.

Baca juga: Mau Naik KRL Commuter Line dari Bekasi Secara Gratis, Ikut Aja Program Senin Diongkosin

Pada 2019, KCI akan mendatangkan 192 unit kereta. Sementara pada 2020, perusahaan akan mendatangkan 96 unit kereta.

Sementara untuk tahap selanjutnya pada 2021, KCI juga sudah menjalin kerja sama dengan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) PT Inka. PT Inka akan memasok 25 rangkaian kereta untuk KCI.

Wah, bayangkan kalau ada ratusan unit kereta baru yang didatangkan. Ini artinya perjalanan Commuter Line akan lebih sering lagi. Kamu tidak perlu takut ketinggalan kereta karena jadwal yang banyak.

Baca juga: Usai Direnovasi, Jumlah Pengguna Commuter Line di Stasiun Cisauk BSD City Meningkat

Selain itu, Commuter Line juga sudah memperbanyak rute kereta. Untuk jalur ke selatan saja, Commuter Line sudah menjangkau Bogor, Depok, dan Nambo.

Rute lainnya yang menuju ke timur telah mencapai Bekasi dan Cikarang. Sementara rute ke Tangerang sudah mencapai Cisauk, Parung Panjang, hingga Maja.

Buat kamu yang sedang mencari rumah, seharusnya kamu mengalihkan pencarian hunian ke kawasan pinggiran yang terkoneksi dengan Commuter Line seperti Cikarang, Cisauk, Citayam, Tambun, dan lainnya.

Baca juga: Ga Usah Malu Fakir Kuota, Ada WiFi Gratis di Stasiun KRL Commuter Line

Area ini memang jauh dari Jakarta, namun kalau terkoneksi dengan Commuter Line tentunya kamu bisa menghemat waktu dan biaya. Bayangkan kalau kamu hanya membutuhkan waktu satu jam untuk mencapai kantor.

Bandingkan jika kamu memiliki hunian di Jakarta, namun kamu tetap membutuhkan waktu dua jam untuk pergi pulang dari rumah ke kantor. Kamu bakal tua di jalan. Pilih mana quality time bersama keluarga atau memilih tua di jalan berteman kemacetan?

Selain itu, jika hunian kamu terkoneksi transportasi massal, kamu bisa mengirit biaya pergi pulang dari rumah ke kantor. Coba bayangkan kalau kamu hanya membutuhkan Rp5.000 untuk naik kereta dengan jarak terjauh.

Baca juga: DDT Jatinegara-Cakung Sudah Beroperasi, Commuter Line Bakal Lebih Lancar Nih

Ngapain juga naik motor atau mobil. Bayangkan uang yang dihabiskan untuk bayar bensin, bayar parkir, hingga bayar tol. Sudah begitu, kamu terjebak kemacetan?

Sekali lagi, pilih mana? Makanya, buruan cari rumah yang lokasinya tidak jauh dari stasiun Commuter Line. Kamu akan mendapatkan banyak keuntungan lho.

Bagikan: 757 kali