OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

China Bangun Rumah Sakit Hanya 7 Hari untuk Tangani SARS, Bagaimana dengan Virus Corona?

19 Juli 2022 · 3 min read Author: Dodiek Dwiwanto

virus corona- rumah123.com

Ilustrasi Konstruksi Bangunan. China Membangun Rumah Sakit untuk Menangani Pasien SARS dalam 7 Hari. China Berencana Melakukan Hal Serupa Yaitu Membangun Rumah Sakit dalam Waktu 6 Hari untuk Pasien Virus Corona (Foto: Rumah123/iStock/REA Adobe Experience Manager)

China membangun rumah sakit hanya 7 hari untuk menangani korban SARS. Rumah sakit untuk korban virus corona direncanakan selesai dalam 6 hari.

Virus corona novel sedang menyebar di China dan sejumlah negara lainnya. Ribuan orang terinfeksi virus yang menyebabkan pneumonia misterius. Puluhan orang harus kehilangan nyawa termasuk dokter yang merawat pasien.

Penyebaran virus ini cepat. Pemerintah China sudah menutup Wuhan, kota pertama munculnya virus. Pasar hewan di Wuhan yang menjual kuliner ekstrem seperti ular, kelelawar, landak, dan lainnya.

Baca juga: Atasi Wabah Virus Corona Novel, China Bangun Rumah Sakit dalam 6 Hari

Sejumlah kota lainnya di Provinsi Hubei selain Wuhan juga ditutup. Kota diisolasi. Bus, kereta, dan pesawat tidak bisa masuk atau keluar dari Wuhan.

Saat ini, Pemerintah China sedang melakukan pengerjaan proyek kilat untuk membangun rumah sakit di Wuhan. Rumah sakit ini direncanakan selesai hanya dalam waktu enam hari saja. Ingat lho, enam hari!

Sebenarnya, hal ini tidak mengherankan karena rumah sakit dibangun dengan material prefabrikasi. China pernah membangun rumah sakit di Beijing dalam waktu tujuh hari pada 2003.

Baca juga: Dampak Virus Corona Novel, Sejumlah Kota Ditutup, Wuhan Seperti Kota Hantu

Laman berita Inggris BBC.o.uk melansir bahwa rumah sakit ini memiliki luas 25.000 meter persegi. Kapasitas tempat tidur di rumah sakit tersebut adalah 1.000 ranjang.

Sejumlah pakar menyatakan rumah sakit ini akan menjadi tempat karantina untuk para pasien. Jumlah pasien yang terkena virus corona novel di Wuhan sudah menembus 2.000 orang.

Rekor Dunia Pembangunan Tercepat untuk Rumah Sakit

Sebelum wabah yang disebabkan oleh virus corona novel, China juga pernah diguncang oleh SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dalam kurun waktu 2001 hingga 2003.

Sebenarnya, virus corona novel ini masih satu keluarga dengan virus SARS dan juga virus MERS (Middle East Respiratory Syndrome). MERS mewabah pada September 2012 hingga Maret 2015.

Wabah SARS memang membuat dunia panik. Jumlah orang yang terinfeksi mencapai lebih dari 8.000 orang. Mereka yang meninggal dunia akibat virus ini adalah 774 orang. Para korban berasal dari China dan Hong Kong.

Baca juga: Tips Sehat: Sejumlah Fakta Terkait Virus Corona

Untuk mengatasi masalah ini, Pemerintah China membangun Rumah Sakit Xiaotangshan di ibu kota Beijing pada 2003. Rumah sakit ini dibangun untuk mengakomodasi jumlah pasien yang memiliki gejala SARS.

Rumah sakit tersebut dibangun hanya dalam waktu tujuh hari. Saat ini, konstruksi ini menjadi pembangunan tercepat untuk rumah sakit.

Sebanyak 4.000 prang bekerja membangun rumah sakit. Laman berita China.com.cn melansir bahwa para pekerja harus bekerja siang dan malam untuk memenuhi tenggat waktu.

Baca juga: Tips Sehat: Mengenal Virus Corona yang Sedang Mewabah Saat Ini

Rumah sakit khusus penderita SARS ini memiliki fasilitas lengkap. Rumah sakit ini memiliki ruang X-ray, ruang CT, laboratorium, dan gawat darurat. Setiap fasilitas memiliki kamar mandi sendiri.

Dalam waktu hanya dua bulan, satu dari tujuh dari mereka yang terinfeksi SARS sembuh. Hal ini dianggap sebagai “keajaiban dalam sejarah medis” oleh media-media China.

Tim medis China sudah memiliki protokol atau prosedur dari Kementerian Kesehatan untuk menangani bagaimana penyakit berbahaya dan juga dalam mengidentifikasi dan mengisolasi pasien yang terkena virus seperti SARS.

Baca juga: Tips Sehat: Hadapi Suhu Panas, Ini Dia 6 Cara Menjaga Kondisi Tubuh


Tag: , , , , , ,


Dodiek Dwiwanto
Penulis sekaligus Editor Rumah123.com. Hobi menonton tayangan desain rumah dan gaya hidup di HGTV saat senggang. Lagi mencari tahu dan belajar soal investasi saham properti dan crowdfunding. Siapa tahu jadi investor.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA